Alasan Mengapa Kamu Harus Punya Kartu Kredit
Alasan Mengapa Kamu Harus Punya Kartu Kredit

10 Alasan Tepat Mengapa Kamu Harus Memiliki Kartu Kredit

Diposting pada

10 Alasan Mengapa Kamu Harus Memiliki Kartu Kredit – Tahukah kamu bahwa kartu kredit merupakan salah satu cara untuk mengatur keuangan yang dimiliki? Banyak sekali orang yang memiliki mindset bahwa kartu kredit merupakan kartu yang perlu dihindari, namun kenyataannya kartu kredit ini justru akan dapat memberi manfaat bagi kita, salah satunya dalam mengatur keuangan. Berikut merupakan 10 alasan mengapa kamu perlu dan harus mempunyai kartu kredit.

10 Alasan Mengapa Kamu Harus Memiliki Kartu Kredit

1. Kemudahan Dalam Mengatur Keuangan

Alasan Mengapa Kamu Harus Punya Kartu Kredit
Alasan Mengapa Kamu Harus Punya Kartu Kredit

Alasan yang pertama yaitu, kemudahan dalam memantau pengeluaran yang selama ini kamu keluarkan. Alasan yang pertama ini pun dikhususkan pula bagi para pekerja yang baru saja terjun dalam dunia kerja, karena mungkin saja para pekerja yang baru ini belum banyak pengalaman untuk mengatur segala pengeluaran. Lalu bagaimana caranya supaya kartu kredit bisa memantau segala pengeluaran? Jadi nanti setiap bulannya kamu akan menerima tagihan atau statement, nah di dalam lembar tagihan itulah terdapat rincian-rincian transaksi yang bisa kamu lihat dan renungi apa saja yang kamu beli selama ini.

Daripada harus mengawang-awang ataupun menyimpan struk dan menuliskan pengeluaran didalam buku, mending kamu lihat langsung pada statement dan mengendalikan pengeluaran yang terjadi, maka akan terasa lebih praktis dan mudah. Namun, jangan sampai kamu ceroboh dan kebobolan, ya. Karena merasa praktis, lalu sembarangan untuk menggesek sana sini yang akhirnya akan merugikan kamu sendiri. Ingat, semua ini harus di gunakan sesuai dengan budget yang kamu miliki.

2. Membangun Skor Kredit Yang Baik

Membangun Skor Kredit Yang Baik
Membangun Skor Kredit Yang Baik

Alasan yang kedua yakni, dapat membangun skor kredit yang baik, yang kamu punya dalam histori karena hal tersebut baik pula untuk masa depan. Alasan ini dengan catatan performa pembayaran yang kamu jalani bagus dan tidak pernah mencapai overlimit. Lalu, mengapa hal ini bisa bermanfaat untuk masa depan? Jadi misal saja, di masa depan nanti, kamu ingin dan berencana untuk mempunyai rumah sendiri. Nah, jika belum memiliki tunai keras dalam membeli rumah, maka mau atau tidak harus melalui skema KPR. Dengan memiliki skor kredit yang bagus itulah, aplikasi KPR kamu untuk diterima pastinya akan terbuka lebar.

3. Bisa Mendapatkan Promo Cashback Kartu Kredit

Mendapatkan Promo Cash Back Kartu kredit
Mendapatkan Promo Cash Back Kartu kredit

Alasan ketiga kamu harus punya kartu kredit yakni adalah, kamu akan dapat menikmati segala promo kartu kredit yang beragam. Mulai dari diskon, point rewards sampai dengan cash back kartu kredit, nah tak jarang pula merchant dan restorant pun dapat memberikan diskon yang cukup istimewa setiap akan berbelanja dengan menggunakan kartu kredit. Adapun dengan cara mengumpulkan point rewards, maka kamu akan dapat mengikuti door prize yang sedang diadakan.

Misal saja, disetiap jumlah belanja seharga Rp. 150.000,00 kamu akan mendapatkan 12 point. Maka dengan mengumpulkan point yang cukup banyak ini, kamu akan dapat menukarkan dengan bermacam hadiah sesuai dengan jumlah point yang kamu miliki. Berbeda lagi dengan cash back, merupakan program yang berasal dari kerjasama antara merchant dengan bank penerbit kartu kredit itu sendiri. Bisa dimisalkan dengan merchant si B yang menjual motor seharga Rp. 18.000.000,00 dengan cash back 10% apabila kamu akan membelinya dengan kartu kredit tertentu. Maka pada akhirnya, kamu akan mendapatkan cash back sebesar Rp. 1.800.000,00 dan hanya membayar motor tersebut dengan harga Rp. 16.200.000,00 saja, cukup menguntungkan bukan?

4. Memanfaatkan Kartu Kredit Sebagai Modal Usaha

Membantu Modal Usaha
Membantu Modal Usaha

Selanjutnya, alasan keempat mengapa harus memiliki kartu kredit adalah dapat memanfaatkan kartu kredit sebagai modal usaha yang ingin kamu bangun. Jadi apabila kamu ingin merintis suatu bisnis, maka kamu bisa mendapatkan modal usaha melalui kartu kredit, selama hutang di dalam kartu kredit tersebut masih tergolong hutang produktif maka tidaklah masalah bukan? Bahkan mungkin saja dengan modal usaha dari kartu kredit ini, kamu justru akan dapat menambah pemasukan sampingan, bisa mulai dicoba dengan membuka usaha kecil yang tidak terlalu memerlukan modal besar, kamu bisa menemukan ide bisnis yang cocok untuk kamu pada kategori Ide Bisnis pada blog ini. Contohnya seperti membuka olshop dengan berjualan baju, tas, make up bagi wanita dan lainnya secara online, membuka catering, ataupun membuka usaha berbagai kue dan lain sebagainya.

5. Memudahkan Dalam Menyediakan Keperluan Yang Akan Datang

Memudahkan Keperluan Yang Akan Datang
Memudahkan Keperluan Yang Akan Datang

Berikutnya alasan yang kelima yakni, kemudahan dalam bertransaksi, kamu dapat menyediakan budget untuk traveling ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi. Seru kan? Kartu kredit ini akan dapat membantu kalian untuk menyiapkan segala hal, mulai dari membeli tiket untuk transport, booking hotel, sampai dengan transaksi di luar negeri.

6. Membantu Dalam Berhemat

Membantu Dalam Berhemat
Membantu Dalam Berhemat

Alasan yang keenam kenapa harus punya kartu kredit yaitu, semakin mudah untuk menabung. Sebenarnya alasan ini sama halnya dengan mudahnya dalam mengatur keuangan. Maka apabila pengeluaranmu sudah mulai terkontrol dengan baik, maka bisa dipastikan kamu akan semakin rajin dan mudah untuk menabung dengan teratur setiap harinya. Intinya, transaksi kartu kredit ini seperti cashless. Bisa dicontohkan misalnya, tagihan kartu kredit yang kamu hasilkan pada bulan lalu sebesar Rp. 3.000.000,00. Lalu kamu pun dapat melihat lagi dengan teliti, apa saja yang membuat tagihan tersebut hingga bisa mencapai 3 juta? Lihatlah kemana larinya transaksi tersebut, sehingga kamu bisa mencatat ulang dan merencanakan untuk lebih hemat dengan menekan transaksi yang kamu lakukan di bulan berikutnya. Dengan cara dan trik itulah, kamu akan dapat lebih mudah merencanakan menabung tanpa harus memusingkan hal-hal lainnya.

7. Mengajukan Kartu Kredit Sudah Semakin Mudah

Mengajukan Kartu Kredit Semakin Mudah
Mengajukan Kartu Kredit Semakin Mudah

Lalu alasan yang ketujuh adalah, semakin mudahnya dalam mengajukan kartu kredit, karena telah diketahui bahwa untuk mendapatkan kartu kredit yang pertama kalinya memang susah-susah gampang. Selain itu, untuk para sarjana ataupun yang baru lulus dan pertama kali bekerja juga akan sedikit di “pilah-pilah” dalam soal kartu kredit tersebut. Karena bank memang melihat terlebih dahulu lamanya kita dalam bekerja, serta gaji yang kita dapatkan dan pastinya akan terdapat batas minimal untuk nominal gaji yang diperbolehkan mengantongi kartu kredit ini. Namun dewasa kini, sudah terdapat pula bank-bank yang sengaja menyasar di kalangan orang-orang yang baru akan meniti karirnya dalam dunia kerja. Bahkan syarat maupun prosesnya cukup mudah dan tidak perlu mempunyai kartu kredit sebelumnya.

8. Memudahkan Dalam Bertransaksi

Kemudahan Dalam Bertransaksi
Kemudahan Dalam Bertransaksi

Kemudian alasan yang kedelapan yakni, cara transaksi menjadi lebih mudah. Jadi saat kamu harus melaksanakan transaksi, namun ternyata sedang tidak membawa uang tunai, maka kartu kredit sangatlah berjasa untuk membantu kita dalam pembayaran. Maka kartu kredit ini akan membantu dan mempermudah kita untuk berbelanja tanpa repot-repot lagi, tidak perlu pula membawa uang tunai tebal ataupun mengambil di ATM sebelum hendak akan pergi belanja. Kamu pun hanya perlu menggesekkan kartu dan menekan nomor pin serta tanda tangan, belanja yang begitu praktis, kan?

9. Memberikan Keamanan

Keamanan Saat Bertransaksi
Keamanan Saat Bertransaksi

Alasan kesembilan yakni adalah, memberi keamanan. Ini adalah keuntungan yang paling terlihat. Karena terkadang seseorang bisa mengalami sesuatu yang mengesalkan, seperti dompet ketinggalan, kehilangan uang, pencurian tiba-tiba, dan lain sebagainya yang tak bisa diperkirakan. Maka kartu kredit akan menghindarkan rasa penyesalan tersebut, karena seperti yang telah diketahui, kartu kredit tidak perlu membawa uang tunai yang harus dibawa-bawa. Maka kamu tak akan merasa tertekan maupun cemas meski saat berada di tengah keramaian.

10. Menyediakan Layanan Cicilan

Cicilan Kartu Kredit
Cicilan Kartu Kredit

Alasan mengapa harus memiliki kartu kredit yang terakhir, yakni adalah menyediakan layanan cicilan. Mengapa begitu? Karena walaupun kamu belum memiliki uang untuk membayar suatu barang yang diinginkan secara penuh dan langsung, maka kartu kredit ini telah menyediakan fasilitas cicilan. Maka hal ini dapat dimanfaatkan untuk kondisi tertentu, sehingga kita pun dapat membayarnya dengan menabung perlahan dalam kurun waktu yang telah ditentukan berikutnya. Asik bukan?

Nah, dari hal-hal diatas dapat disimpulkan bahwa kesepuluh alasan mengapa kamu harus memiliki kartu kredit tersebut memang begitu banyak keuntungan yang akan didapatkan. Namun jangan lupa untuk tetap membatasi hal-hal yang tidak diperlukan, karena kelebihan tertentu pun juga tidak baik. Nah, supaya kamu bisa merasakan manfaatnya lebih jauh, maka kamu pun harus tahu cara cerdas dalam menggunakan kartu kredit dengan efektif. Maka berikut ini akan dijelaskan beberapa tips-tips cara cerdas menggunakan kartu kredit secara benar. Perlu diketahui, kini kartu kredit sudah termasuk dalam kebutuhan bagi kamu yang suka dengan hal-hal praktis dan tidak suka memegang uang tunai. Sehingga kamu pun juga harus belajar untuk lebih cerdas dalam penggunaan kartu kredit, karena meskipun sangat bermanfaat tetapi kenikmatan dan kemudahannya yang ditawarkan, seringkali membuatmu terbuai sampai lupa akan isi budget sebenarnya yang kamu miliki. Bahayanya mungkin, bisa sampai terlilit hutang yang lama kelamaan terus menumpuk.

6 Tips Cara Menggunakan Kartu Kredit Yang Benar

  • Mengajukan Kartu Kredit Yang Sesui Dengan Kebutuhan

Cara cerdas penggunaan kartu kredit secara benar, yang pertama yakni buatlah kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan yang kamu perlukan. Dalam hal ini, dimaksudkan pada kartu kredit yang sering mengadakan kerjasama dengan toko-toko komersil tertentu. Hal ini memang berfungsi untuk mewujudkan kenikmatan bagi para penggunanya, selain itu sebagai salah satu cara pula menarik nasabah dengan benar. Misalnya, kamu mempunyai hobbi fasion, maka buatlah kartu kredit yang banyak memberikan promo-promo di outlet-outlet fashion. Sama halnya dengan hobbi kuliner, maka buatlah kartu kredit yang banyak memberikan promo di restaurant. Hal ini supaya kartu kredit bisa lebih bermanfaat untuk Anda gunakan. Jadi apapun hobbi dan kesukaan yang kalian punya, cari tahulah lebih lanjut di promo-promo kartu kredit yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk memilih.

  • Memiliki Maksimal Dua Kartu Kredit

Tips kedua yakni, milikilah maksimal dua kartu kredit saja. Hal ini bertujuan karena apabila semakin banyak kartu kredit yang kamu miliki, kemungkinan menggunakannya pun lebih besar, sehingga bisa menyebabkan hutang semakin banyak dan menumpuk. Akhirnya, semakin banyak hutang inilah dapat membuatmu kesulitan dan merasa berat saat akan membayarnya. Jadi batasilah kartu kredit yang kamu miliki, meskipun memudahkan, namun ada banyak hal yang dapat membuatmu terlena, sehingga pada akhirnya dapat mengganggu masa depan yang akan datang.

  • Mengatur Limit Kartu Kredit

Tips yang ketiga adalah mengatur limit pada kartu kredit yang dimiliki. Hal ini dilakukan agar kamu dapat memakai kartu kredit dengan cerdas. Seperti yang sudah dijelaskan, idealnya seseorang hanya memiliki 2 kartu kredit. Nah, dengan dua kartu kredit tersebut diharapkan seharusnya sudah dapat mencukupi kebutuhan yang kamu butuhkan. Setiap kartu kredit memang mempunyai limit yang dapat kamu tentukan sendiri, yang harus pula disesuaikan dengan kemampuan atau gaji yang kamu dapat serta kebutuhan. Maka dari itu, tentukanlah salah satu kartu kreditmu dengan limit yang paling kecil, supaya pengeluaranmu pun bisa lebih teratur dan diatur. Namun untuk kartu kredit yang satunya, isilah limit yang lebih besar untuk berjaga-jaga jika terdapat hal-hal yang diperlukan secara mendadak.

  • Menentukan Budget Pengeluaran Kartu Kredit

Selanjutnya, tips yang keempat yakni adalah menentukan budget dalam pemakaian kartu kredit. Tiap-tiap kartu kredit mempunyai limit masing-masing, maka kalian wajib untuk mengusahakan penggunaan kartu kredit ini dibawah limit yang memang telah ditentukan. Contohnya, limit kartu kredit yang dimiliki yakni sebesar Rp. 4.000.000,00, maka untuk lebih aman dan nyamannya, sebaiknya kamu tidak memakainya hingga mencapai Rp 4.000.000,00 atau bahkan bisa lebih. Hal ini dikarenakan, besarnya limit memang bukan berfungsi untuk menunjukkan jika kamu harus memakainya sampai dengan batas maksimal. Jadi jangan coba-coba untuk menggunakan kartu kredit sampai dengan melebihi limit yang sudah ditentukan, karena hal ini akan menyebabkan dikenakannya denda. Kuncinya yaitu sadarilah kemampuan pada keuanganmu dan pakailah kartu kredit dengan sebijak mungkin.

  • Memikirkan Dampak Yang Ditimbulkan Sebelum Belanja Menggunakan Kartu Kredit

Kemudian tips yang kelimi yakni, memikirkan dampak panjangnya ketika dan sebelum belanja. Hal ini dikhususkan pula pada kaum perempuan yang sering berbelanja tanpa berpikir panjang, karena tak segala keinginanmu adalah sesuatu yang kamu butuhkan, bukan? Kesimpulannya, sebelum akan memakai kartu kredit ketika akan berbelanja, lebih baik pikirkan dan pertimbangkanlah dahulu. Apakah benar barang itu penting? Lihatlah fungsi, pentingnya, dan harganya, apakah layak untuk dibeli atau tidak? Selain itu, jangan lupa juga untuk mengutamakan hal-hal pokok utama yang diperlukan sehari-hari.

  • Memantau dan Menggunakan Point Reward Yang Telah Dikumpulkan

Lalu tips yang terakhir adalah memakai dan memantau point reward yang sudah kamu kumpulkan. Jadi sadar maupun tidak, setiap kamu berbelanja dengan memiliki kartu kredit maka point dalam kartu kreditmu pun akan bertambah dengan sendirinya. Nah, point-point yang sudah dikumpulkan ini bisa sekali ditukarkan dengan promo ataupun barang-barang yang menarik. Penukaran point ini juga termasuk salah satu keuntungan dari penggunaan kartu kredit. Jangan lupa untuk terus memantau dengan teliti kartu kredit dan gunakan point reward yang kamu punya. Sehingga hal ini akan membuat kartu kredit semakin menyenangkan dan menguntungkan.

Dari tips cara penggunaan kartu kredit yang cerdas diatas tersebut, maka kamu pun harus mengaplikasikannya secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Maka kamu harus pandai-pandai dalam mengeluarkan uang, dan memilah mana barang yang dibutuhkan dan mana lagi barang yang bisa ditunda.

Setelah kita membahas alasan kenapa harus memiliki kartu kredit di atas dapat disimpulkan bahwa kartu kredit memang memiliki banyak kelebihan, seperti menimbulkan rasa nyaman dan praktis, menawarkan berbagai macam manfaat tambahan yang sangat bermanfaat sehingga semakin banyak pembelian, semakin banyak pula manfaat yang bisa kamu raih. Kemudian menimbulkan rasa yang relatif lebih aman daripada membawa uang yang berlembar-lembar, memberikan perlindungan tambahan diatas pembelian seperti adanya garansi dan asuransi tambahan. Lalu adapun kelebihan lainnya, seperti fungsinya sendiri untuk membantu hal-hal yang sedang dalam keadaan darurat.

Kartu kredit juga dapat membantu mempermudah kamu dalam mengatur anggaran keuangan, menawarkan fleksibilitas saat sedang menjalankan proses pembelian, pengeluaran yang lebih terlacak karena terdapat statement yang akan keluar setiap bulannya beserta dengan rincian-rincian pembelian yang kamu lakukan. Adapun mempermudah dan mempercepat proses dalam transaksi saat berbelanja online, serta dapat digunakan di seluruh dunia. Sekian informasi diatas mengenai alasan mengapa harus menggunakan kartu kredit, serta cara penggunaan yang benar. Semoga bermanfaat bagi Anda.

10 Alasan Tepat Mengapa Kamu Harus Memiliki Kartu Kredit
5 (100%) 2 votes

 

Gambar Gravatar
Ulasanbisnis.com merupakan website yang membahas seputar dunia usaha, trend bisnis, solusi keuangan, perbankan, kartu kredit, asuransi dan lainnya.