cara membuat e book
cara membuat e book

5 Cara Membuat Ebook dengan Mudah 2018 (Tutorial Membuat Ebook)

Diposting pada

5 Cara Membuat Ebook dengan Mudah 2018 (Tutorial Membuat Ebook) – Seperti yang kita ketahui bersama, ada banyak hal yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dari internet, salah satunya adalah dengan menjual Ebook. Sekedar informasi, penjualan Ebook dalam bentuk pdf menjadi salah satu bentuk lead magnet yang sangat penting bagi pelaku bisnis PPL (Pay per Lead).

Panduan cara membuat Ebook
Panduan cara membuat Ebook

Hal ini karena tak sedikit orang yang mencari Ebook dengan tema tertentu meskipun mereka harus mengeluarkan uang untuk membeli Ebook tersebut. Pasalnya Ebook memiliki nilai jual yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan konten lainnya. Di samping itu, pembuatan Ebook juga terbilang mudah. Pertanyaannya, bagaimana cara membuat Ebook? Daripada penasaran, sebaiknya Anda simak ulasan mengenai panduan cara membuat Ebook berikut ini.

5 Cara Membuat Ebook dengan Mudah 2018

Sebelum membuat Ebook, tentu saja Anda harus mempersiapkan segala alat yang dibutuhkan. Untungnya, alat-alat yang dibutuhkan sifatnya gratis sehingga Anda tak perlu mengeluarkan uang dalam hal ini. Tugas Anda hanyalah membuat isi dari Ebook tersebut. Adapun bahan yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

  1. Software pembuat dokumen seperti Microsoft Word (PC), Google Docs (Web), Pages (Mac), dan lain sebagainya. Ini adalah bahan yang paling penting karena nantinya Anda harus menulis melalui software tersebut.
  2. Adobe InDesign atau PowerPoint. Apabila Anda lebih memilih software pembuat dokumen seperti Microsoft Word, bahan ini tidak begitu penting karena Microsoft Word sendiri sudah memiliki fitur yang mendukung dalam pembuatan Ebook. Meski demikian, Ebook yang dihasilkan sebenarnya akan lebih bagus jika menggunakan software Adobe InDesign atau PowerPoint.
  3. OneNote atau Evernote. Bahan ini sifatnya juga tidak wajib namun Anda dapat memanfaatkan dalam membuat isi kerangka Ebook.
  4. Adobe Acrobat. Bahan ini juga tidak wajib namun diperlukan untuk memperkecil ukuran file PDF.

Semua bahan-bahan di atas dapat digunakan dalam membentuk Ebook. Namun panduan kali ini akan lebih fokus dalam mengulas pembuatan Ebook via Microsoft Word. Hal ini karena Microsoft Word menjadi software yang paling mudah digunakan untuk membuat Ebook, bahkan oleh pemula sekalipun.

Tahap Pertama: Membuat Kerangka Ebook

Hal yang harus Anda ketahui adalah Ebook bukanlah buku tebal yang isinya sekedar artikel saja. Bahkan pada umumnya Ebook terdiri dari ratusan hingga ribuan halaman serta beragam topik yang diulas di dalamnya. Apabila Anda belum terbiasa menulis dengan banyak ulasan, pastinya akan mengalami kebingungan nantinya. Inilah pentingnya pembuatan kerangka Ebook.

Yang lain juga membaca : 85 Contoh Peluang Usaha Modal kecil Untung Besar Yang Menjanjikan 2018

Dalam hal ini, garis besarnya buatlah kerangka penulisan yang di dalamnya terdapat topik-topik yang akan dibahas di Ebook. Gambarannya seperti daftar isi pada buku pada umumnya. Oleh karena itu, Anda juga harus memikirkan topik menarik apa saja yang kemungkinan dibutuhkan oleh banyak orang.

Tahap Kedua: Mengatur Tipografi dan Layout di Microsoft Word

Panduan cara membuat Ebook yang selanjutkan adalah mengatur tipografi serta Layout di Microsoft Word. Meskipun terlihat mudah, namun membuat Ebook via Microsoft Word berbeda dengan penulisan pada umumnya. Hal ini karena Anda harus membuat Ebook yang memiliki tampilan menarik sehingga harus melakukan pengaturan sedemikian rupa.

Prinsip Dasar Tipografi

Untuk mengatur tipografi Ebook, Anda harus memahami prinsip dasar dari tipografi itu sendiri. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan font yang ukurannya lebih besar dibandingkan font umumnya. Tujuannya agar tulisan di Ebook lebih mudah dibaca. Adapun ukuran font yang direkomendasikan adalah 18 – 22pt dengan paragraf biasa.
  2. Hindari penggunaan font umum seperti Times New Roman, Tahoma, Verdana, Calibri, ataupun Arial.
  3. Siapkan 3 jenis font yang nantinya akan digunakan pada bagian judul dan subjudul, isi paragraf, serta bagian tulisan lain di Ebook.
  4. Gunakan maksimal 3 warna untuk Ebook.
  5. Gunakan formatting style yang terdapat di Pages, Word, atau Google Docs.

Untuk mencari jenis-jenis font yang menarik, Anda dapat mengunjungi situs penyedia font gratis. Perlu diingat, jangan menggunakan font yang terlalu sulit untuk dibaca meskipun bentuknya bagus.

Gunakan Template dan Layout

Apabila Anda tak ingin repot dalam mengatur layout, manfaatkan layanan penyedia template gratis agar Ebook yang Anda buat berbeda dari yang lain. Seperti halnya font, ada banyak juga situs penyedia template gratis yang dapat dikunjungi.

Tahap Ketiga: Menulis Isi Ebook

Langkah yang selanjutnya adalah mulai menulis isi Ebook. Salah satu kendala yang mungkin dihadapi oleh banyak orang terkait pembuatan Ebook adalah banyaknya halaman yang dibutuhkan di dalamnya. Selain bingung membuat isi Ebook, Anda juga harus menerapkan ulasan yang menarik sehingga pembaca tidak akan bosan saat membaca Ebook tersebut. Untuk itu, ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan, seperti:

cara menulis e book pertama
cara menulis e book pertama
  1. Gunakan Subjudul (Header 2, Header 3, dan Header 4) agar nantinya paragraf yang Anda tuliskan tidak bertumpuk-tumpuk.
  2. Gunakan list atau daftar yang berfungsi untuk menjelaskan ulasan yang terdiri lebih dari 1 poin.
  3. Hindari penggunaan paragraf yang terlalu panjang.
  4. Disarankan untuk menambahkan gambar untuk membantu menjelaskan ulasan pada Ebook. Hal ini karena tulisan yang panjang tanpa adanya gambar pendukung akan sangat membosankan.

Poin penting yang harus Anda pahami di sini adalah tuangkan kreativitas Anda dalam Ebook tersebut. Bila perlu, lihatlah Ebook orang lain dan tirulah layout, template, hingga peletakan yang membuat tampilan Ebook lebih menarik.

Tahap Keempat: Membuat Halaman Sampul Ebook

Apabila Anda sudah memahami 3 tahapan sebelumnya, kini tugas Anda adalah membuat halaman sampul yang menarik pada Ebook. Mengapa? Karena tanpa adanya sampul, maka namanya bukan buku, kan? Untuk itulah halaman Ebook akan membuat tulisan yang Anda buat terlihat resmi layaknya buku lain pada umumnya.

Kamu juga harus baca : 7 Cara Menghasilkan Uang dengan Membuat Aplikasi Android 2018

Dalam membuat sampul Ebook, terdapat 3 alternatif yang dapat digunakan. Pertama adalah langsung mendesainnya dari Microsoft Word. Ini adalah cara paling mudah yang dapat dilakukan. Kedua adalah dengan dengan menggunakan Photoshop. Cara ini tentu lebih rumit namun hasilnya akan lebih bagus. Jadi bualtah desain sampul terlebih dahulu dan nantinya masukkan ke Microsoft Word. Alternatif ketiga, yakni bayarlah orang lain untuk membuat desain sampul Ebook Anda.

Apabila Anda sudah berhasil membuat sampul, maka convert Ebook via Microsoft Word dalam bentuk PDF. Caranya klik ‘Save As’ dan pilihlah ‘PDF’.

Tahap Kelima: Membuat Mock-Up

Tahapan terakhir yakni membuat mock-up untuk Ebook Anda. Sebenarnya cara ini tidak wajib dilakukan namun apabila Anda ingin menarik perhatian pembaca, mendesain bentuk mock-up untuk Ebook sangat direkomendasikan. Untuk contoh mock-up, Anda dapat melihat gambar di bawah ini:

cara membuat e book mudah bagi pemula 2018
cara membuat e book mudah bagi pemula 2018

Jadi intinya desain sampul Ebook yang telah Anda buat didesain sedemikian rupa hingga seolah-olah berbentuk buku nyata. Untuk membuatnya, kemampuan editing sangat diperlukan. Apabila Anda tidak begitu jago dalam editing, tentu saja mintalah teman atau orang lain untuk membuatkan Anda tampilan mock-up Ebook.

Itulah beberapa tahapan yang harus Anda perhatikan saat ingin membuat Ebook. Semoga ulasan mengenai panduan cara membuat Ebook di atas bermanfaat bagi Anda.

5 Cara Membuat Ebook dengan Mudah 2018 (Tutorial Membuat Ebook)
5 (100%) 1 vote
Gambar Gravatar
Ulasanbisnis.com merupakan website yang membahas seputar dunia usaha, trend bisnis, solusi keuangan, perbankan, kartu kredit, asuransi dan lainnya.