Syarat dan Cara Membuat Kartu Kredit BNI 2018

Diposting pada

Syarat, Keuntungan dan Cara Mengajukan Kartu Kredit BNI 2018 – Dari faktor-faktor kebutuhan yang terus meningkat kini, mendorong masyarakat untuk lebih memilih menggunakan transaksi pembayaran kartu kredit. Apalagi dengan banyaknya aplikasi belanja online yang mengharuskan konsumennya untuk membayar secara non tunai. Kartu kredit sendiri adalah suatu sistem penyelesaian transaksi ritel dan sistem kredit. Kartu kredit berbeda dengan kartu debit, dimana pembuat kartu kredit artinya meminjamkan nasabahnya uang dan bukan mengambil uang dari rekening. Beberapa organisasi kartu kredit yang ada diseluruh dunia yaitu American Express, China UnionPay, citi, Diners Club, JCB, Discover Card, Master Card, VISA. Selain lebih mengefektifkan pembayaran, penggunaan kartu kredit ini merupakan salah satu penggunaan pembayaran non tunai yang paling menarik karena banyak menyediakan bonus dan penawaran.

Keuntungan Pengguna Kartu Kredit

Keuntungan Pengguna Kartu Kredit
Keuntungan Pengguna Kartu Kredit

Beberapa keuntungan dari penggunaan kartu kredit yaitu, praktis dan nyaman, menawarkan beberapa manfaat tambahan seperti cashback, diskon belanja, gratis iuran tahunan, point khusus, dan lain sebagainya. Selain itu memang relatif lebih aman, serta memberikan perlindungan tambahan atas pembelian, membantu dalam keadaan darurat, mempermudah mengatur anggaran keuangan, menawarkan fleksibilitas dalam melakukan pembelian, pengeluaran lebih terlacak, mempermudah transaksi online, dan dapat digunakan diseluruh dunia (dimanapun Anda berada, didalam maupun diluar negeri Anda tetap dapat menggunakannya). Pengguna dari kartu kredit ini juga bermacam-macam. Mulai dari karyawan, pengusaha, pejabat, banyak menggunakan alternatif ini, karena sangat efektif dalam pembayaran.

Kamu Harus Baca : Perbedaan Kartu Debit dengan Kartu Kredit

Di masyarakat banyak dirisaukan bahwa penggunaan kartu kredit haruslah orang yang memiliki gaji diatas 5 juta saja. Namun dijaman yang sudah berkembang, untuk masyarakat dengan penghasilan dibawah 5 juta, bahkan seperti Karyawan-karyawan dengan gaji 3 juta sudah bisa menggunakan kartu kredit ini. Karyawan yang memiliki gaji 3 juta Perbulan dikategorikan sebagai pemula dalam pengguna kartu kredit. Kartu kredit untuk para pemula memberikan berbagai kemudahan untuk melakukan transaksi, seperti belanja ataupun membayar tagihan. Namun limit kredit yang diberikan untuk pemula tidaklah besar, sehingga pengguna bisa menggunakan kartu kreditnya dengan wajar.

Alasan mengapa harus memiliki Kartu Kredit

Alasan mengapa harus memiliki Kartu Kredit
Alasan mengapa harus memiliki Kartu Kredit

Alasan masyarakat menggunakan kartu kredit yakni supaya terasa efektif dan untuk mendapatkan potongan harga atau promo cashback saat berbelanja. Karena kartu kredit banyak menawarkan promo dan bonus-bonus yang menarik yang diberikan oleh supermarket untuk pelanggan yang menggunakan kartu kredit. Namun bagi para pemula, jika berkeinginan menggunakan kartu kredit, sebaiknya sebelum mengajukan permohonan penerbitan kartu kredit, pikirkan terlebih dahulu apakah nantinya kartu kredit ini dapat membantu Anda atau malah tambah mempersulit perekonomian Anda dengan munculnya tagihan kartu kredit.

Bank BNI Penyedia Kartu Kredit

Kartu Kredit BNI
Kartu Kredit BNI

Salah satu bank yang menyediakan layanan kartu kredit yaitu Bank Negara Indonesia (BNI). Bank Negara Indonesia (BNI) merupakan sebuah perusahaan bank milik pemerintah, dalam hal ini yaitu perusahaan BUMN di Indonesia. Dalam suatu struktur manajemen yang ada pada Bank Negara Indonesia (BNI), dipimpin oleh satu direktur utama yang saat ini dijabat oleh Achmad Baiquni. Bank Negara Indonesia (BNI) merupakan bank komersial yang paling tua dalam sejarah Republik Indonesia.

Sejarah Singkat Bank BNI

Bank Negara Indonesia (BNI) didirikan pada tanggal 5 juli 1946 (satu tahun setelah kemerdekaan Republik Indonesia). Saat ini Bank Negara Indonesia (BNI) sudah memiliki 914 kantor cabang di seluruh Indonesia, dan terdapat 5 cabang di luar negeri. Bank Negara Indonesia ini pun memiliki unit perbankan syariah, namun unit tersebut lebih memilih untuk memisahkan diri sejak tahun 2010 yang dinamakan BNI Syariah. BNI didirikan pada tahun 1946 oleh salah satu anggota BPUPKI yang bernama Margono Djojohadikusumo, lalu mendirikan bank sentral yang memiliki tanggung jawab untuk menerbitkan dan mengelola keuangan Republik Indonesia. Pendiri BNI tersebut (Margono Djojohadikusumo) berjasa besar dalam perkembangan usaha perbankan di Indonesia. Karena beliau adalah seorang pionir, sehingga beliau dapat menanamkan nilai-nilai dan Cara pandang bisnis dan usaha perbankan di Indonesia.

Selang beberapa bulan setelah pendiriannya, Bank Negara Indonesia (BNI) mulai mengedarkan alat pembayaran resmi pertama di Indonesia yaitu Oeang Republik Indonesia atau ORI. Di tahun 1955, peran Bank Negara Indonesia (BNI) berubah atau beralih menjadi bank pembangunan yang kemudian mendapatkan hak untuk bertindak sebagai bank devisa. Pada tahun 1955 pula, Bank Negara Indonesia (BNI) menambahkan modalnya sekaligus status Bank BNI ini  menjadi bank yang bersifat umum yang ditetapkan secara yuridis di dalam Undang-Undang Darurat Nomor 2 tahun 1955. Lambat laun Bank Negara Indonesia (BNI) ini dapat menimbulkan kepercayaan pemerintah Indonesia lewat inovasi perbankan yang luas.

Oleh karena itu, pada tahun 1968 status hukum Bank Negara Indonesia (BNI) dinaikkan ke tingkat persero yang kemudian dinamakan PT Bank Negara Indonesia. Pada tahun 2013, Bank Negara Indonesia (BNI) menerbitkan kartu kredit dan kartu ATM / debit bergambar Tim Sepakbola peserta BPL, Chelsea, yang berlogo Mastercard. Yang nantinya kartu tersebut dapat diterima oleh fans Chelsea. Selain itu Bank Negara Indonesia (BNI) juga menerbitkan layanan trust yang diperuntukkan bagi industri ekspor, termasuk didalamnya industri minyak dan gas. Jika dilihat dari perkembangan bisnis Bank Negara Indonesia (BNI) ini, pada tahun 2015, Bank Negara Indonesia (BNI) memperoleh ijin untuk beroperasi di negara Myanmar dengan membuka kantor cabang yang nantinya akan dibantu oleh kantor cabang yang berada di Singapura.

Kantor yang berada di Myanmar bergerak dalam segmen korporasi dan terdapat layanan remitansi untuk kedutaan – kedutaan besar Republik Indonesia. Bank Negara Indonesia (BNI) merupakan bank yang terpilih sebagai bank yang memberikan pelayanan bagi para investor asing yang ingin menanamkan modalnya di Indonesia melalui pelayanan yang dinamakan layanan Izin Investasi 3 jam yang disiapkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) karena Bank Negara Indonesia (BNI) merupakan bank yang sudah terhubung dengan layanan AHU Online milik Kementerian Hukum dan HAM.

Bank Negara Indonesia (BNI) juga memiliki beberapa anak perusahaan (tepatnya sembilan anak perusahaan). Yaitu, BNI Remittance Limited yang berada di Hongkong, PT. Bina Usaha Indonesia, PT. BNI Life, PT. BNI Multi Finance, PT. BNI Nomura Jafco Investment, PT. BNI Nomura Jafco Manajemen Ventura, PT. BNI Nomura Jafco Ventura Satu, PT. BNI Securities, PT. Pembiayaan Artha Negara, PT. Sarana Bersama Pembiayaan Indonesia, PT. Asuransi Tri Pakarta, Bank BNI Syariah, Bank Nusa Nasional (namun anak perusahaan ini telah di spin off tahun 2009).

Struktur Organisasi yang dimiliki oleh Bank Negara Indonesia (BNI) yaitu sebagai berikut, untuk yang menjabat sebagai dewan komisaris, komisaris utama dijabat oleh Hartadi A. Sarwono. Yang menjabat sebagai wakil komisaris utama yaitu Wahyu Kuncoro. Lalu terdapat tiga komisaris yang menjabat yaitu Joni Swastanto, Bistok Simbolon, dan Marwanto Harjowiryono. Dan terdapat tiga komisaris independent yang dijabat oleh Revrisond Baswir, Pataniari Siahaan, dan Ahmad Fikri Assegaf. Untuk yang menjabat sebagai dewan direksi, Direktur utama dijabat oleh Achmad Baiquni. Yang menjabat sebagai wakil direktur utama yaitu Herry Sidharta. Lalu terdapat delapan direktur yang dijabat oleh Rico Rizal Budidarmo, Putrama Wahju Setyawan, Catur Budi Harto, Anggoro Eko Cahyo, Adi Sulistyowati, Panji Irawan, Bob Tyasika Ananta, dan Imam Budi Sarjito. Saat ini status pemegang saham Bank Negara Indonesia (BNI) yaitu pemerintah Republik Indonesia yang diwakilkan oleh Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara.

Jenis – Jenis Kartu Kredit BNI

Produk - Produk yang dikeluarkan oleh bank BNI
Produk – Produk yang dikeluarkan oleh bank BNI

Salah satu produk yang dikeluarkan oleh Bank Negara Indonesia (BNI) yaitu kartu kredit, berikut ini beberapa kartu kredit yang diluncurkan oleh bank BNI :

  • BNI Visa Gold

BNI Visa Gold yang memiliki iuran tahunan sebesar Rp. 240.000. Fitur utama yang dimiliki oleh kartu kredit BNI Visa Gold ini yaitu diantaranya, BNI cicilan tetap, BNI Airport Lounge, Point Reward BNI (akan mendapatkan satu poin reward setiap transaksi Rp. 2.500 dan kelipatannya). Promo yang akan didapatkan jika menggunakan kartu kredit BNI Visa Gold ini adalah promo Wendy’s dengan menggunakan kartu kredit ini (beli 1 gratis 1 dan diskon hingga 20%). Biaya tahunan untuk kartu kredit jenis ini sebesar Rp. 120.000. Dengan denda keterlambatan pembayaran sebesar Rp. 150.000 atau sebesar 3% dari jumlah total tagihan. Minimal pembayaran setiap bulan Rp. 75.000 atau sebesar 4% dari jumlah keseluruhan tagihan. Minimum biaya penarikan tunai sebesar Rp. 50.000 atau sekitar 6% dari jumlah keseluruhan penarikan tunai. Dengan batas fasilitas penarikan tunai per hari yaitu 50% dari Limit kartu. Yang dapat atau memenuhi syarat untuk memiliki kartu kredit jenis ini yaitu minimal pendapatan perbulan Rp., 7.000.000.

  • MasterCard Gold

MasterCard Gold, dengan iuran tahunan sebesar Rp. 240.000. Fitur dan fasilitas yang dimiliki hampir sama dengan kartu kredit yang telah dijelaskan sebelumnya. Dengan promo yang sama pula, yaitu beli 1 gratis 1 dan diskon sampai dengan 20% apabila menggunakan kartu kredit ini.

  • BNI Style Titanium

BNI Style Titanium, dengan iuran tahunan sebesar Rp. 500.000. Dengan promo yang sama seperti sebelumnya. Untuk denda keterlambatan pembayaran sebesar Rp. 150.000 atau sebesar 3% dari jumlah total tagihan. Untuk dapat memiliki kartu kredit BNI Style Titanium ini Anda harus memiliki pendapatan minimum Sebesar Rp. 15.000.000 per bulan. Kartu kredit ini merupakan perlindungan asuransi bebas premi. Untuk yang selanjutnya adalah Garuda-BNI Visa Signature Card, dengan iuran tahunan sebesar Rp. 800.000. Mempunyai bonus awal berupa Garuda Miles, dapatkan diskon Redemption GFF Mileage (dengan transaksi minimal sebesar 15.000  maka akan mendapatkan 2 GFF Miles.

  • BNI Ferrari Credit Card

BNI Ferrari Credit Card, dengan iuran tahunan sebesar Rp. 600.000. Dengan menggunakan kartu kredit jenis ini, dapatkan hingga 20% Ferrari Store Maranello, diskon hingga 20% Ferrari Store online, Dan gratis Ferrari Membership. Denda keterlambatan pembayaran sebesar Rp. 150.000 atau 3% dari jumlah total tagihan. Untuk dapat menggunakan kartu kredit jenis ini, minimum penghasilan sebesar Rp. 3.000.000 per bulan.

  • BNI Chelsea Credit Card

BNI Chelsea Credit Card, dengan iuran tahunan sebesar Rp. 240.000. Merupakan Co-Branding Card. Untuk dapat menggunakan kartu kredit jenis ini minimum penghasilan sebesar Rp. 3.000.000 per bulan. Kemudian BNI Visa Platinum Card, dengan iuran tahunan sebesar Rp. 600.000. Merupakan perlindungan asuransi bebas premi, gratis akses Airport lounge. Untuk dapat menggunakan kartu kredit jenis ini penghasilan minimum sebesar Rp. 20.000.000 per bulan. Lalu BNI LOTTEMart Card Platinum, BNI LOTTEMart Card Gold, BNI Mastercard Silver.

Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit BNI

Dengan menggunakan kartu kredit dapat memudahkan Anda dalam melakukan transaksi belanja, apalagi dengan jaman yang sudah sangat maju dengan teknologi yang ada, aplikasi belanja online pun semakin bertambah. Tidak hanya wanita, tetapi mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, pria dan wanita tertarik pada aplikasi belanja online. Dengan adanya kartu kredit ini, Pembayaran untuk belanja online menjadi lebih mudah.

Namun yang harus diperhatikan adalah, jangan sampai kartu kredit yang kita miliki yang seharusnya membantu kita menjadi terbalik dengan memberikan kita kesulitan seperti tagihan – tagihan kartu kredit akibat penggunaan kartu kredit yang tidak wajar, yang tidak sesuai dengan cara pemakaian yang ada. Dengan sedikit penjelasan mengenai bank BNI , prosedur, Syarat-syarat, dan bagaimana caranya mengajukan kartu kredit Mandiri diatas, semoga dapat bermanfaat bagi Anda, khususnya untuk para calon nasabah yang mempunyai rencana memiliki kartu kredit BNI.

Persayaratan untuk Pengajuan kartu kredit BNI

Untuk syarat pengajuan kartu kredit BNI, Usia minimum pemegang kartu utama yaitu 21 tahun. Usia maksimum pemegang kartu utama yaitu 65 tahun. Usia minimum pemegang kartu tambahan yaitu 17 tahun. Dengan kewarganegaraan WNI dan WNA. untuk pendapatan minimum perbulan yang dapat menggunakan kartu kredit BNI, berikut Jenis-jenis nya,

  • BNI Master Card Gold Rp. 3.000.000 per bulan
  • BNI Visa Gold Rp. 3.833.000 per bulan
  • BNI style Titanium Rp. 15.000.000 per bulan
  • BNI Visa Platinum Card Rp. 41.666.000 per bulan
  • BNI JCB Platinum Card dan BNI Corporate Card Gold Rp. 10.000.000 per bulan
  • BNI Corporate Card Platinum Rp. 41.666.667 per bulan
  • BNI Chelsea Credit Card Rp. 3.000.000 per bulan.

Dokumen – dokumen yang harus dipersiapkan untuk mengajukan kartu kredit BNI yaitu, untuk yang berprofesi sebagai karyawan, dokumen yang diperlukan untuk membuat kartu kredit yaitu fotocopy KTP /KITAS,  Bukti penghasilan (Slip gaji /SKP /SPT).

Untuk calon nasabah yang berprofesi sebagai wirausaha, dokumen yang diperlukan untuk membuat kartu kredit yaitu fotocopy KTP /KITAS, fotocopy rekening tabungan selama dua bulan terakhir, dan fotocopy akta pendirian /SIUP /TDP.

Untuk calon nasabah yang berprofesi sebagai profesional, dokumen yang diperlukan untuk membuat kartu kredit yaitu fotocopy KTP /KITAS, Bukti penghasilan (Slip gaji /SKP /SPT), Dan fotocopy surat izin profesi.

Cara Membuat Kartu kredit BNI

Untuk cara membuat kartu kredit BNI yaitu dengan datang langsung ke kantor cabang BNI terdekat atau yang lainnya yang Anda ketahui dengan menemui customer service dengan membawa semua persyaratan dan dokumen – dokumen yang sudah disiapkan. ambilah nomor antrian untuk customer service dan tunggu sampai nomor Anda dipanggil. Jika nomor antrian Anda sudah dipanggil, sampaikan kepada pegawai customer service tentang maksud dan tujuan Anda datang ke Bank BNI yaitu ingin membuat kartu kredit bank Mandiri, dan berikan dokumen-dokumen yang sudah Anda bawa untuk diperiksa oleh customer service.

Pengajuan Kartu Kredit Lainnya : Syarat dan Cara Membuat Kartu Kredit BRI

Setelah dokumen-dokumen sudah selesai diperiksa, maka customer service akan menjelaskan kepada Anda tentang produk-produk kartu kredit yang ada di Bank BNI beserta syarat dan ketentuan, dan bila Anda setuju maka Anda akan diminta untuk mengisi formulir yang diberikan oleh customer service. Lalu isilah formulir tersebut.

 

Syarat dan Cara Membuat Kartu Kredit BNI 2018
5 (100%) 1 vote

Gambar Gravatar
Ulasanbisnis.com merupakan website yang membahas seputar dunia usaha, trend bisnis, solusi keuangan, perbankan, kartu kredit, asuransi dan lainnya.