Syarat, Keuntungan dan Cara Membuat Kartu Kredit BRI 2018

Diposting pada

Syarat, Keuntungan dan Cara Membuat Kartu Kredit BRI 2018 – Banyak orang yang masih memiliki mindset bahwa kartu kredit merupakan kartu yang perlu dihindari, namun kenyataannya kartu kredit ini justru akan dapat memberi manfaat bagi kita, salah satunya dalam mengatur keuangan. Adapun keuntungan lain dari penggunaan kartu kredit, seperti menimbulkan rasa nyaman dan praktis, menawarkan berbagai macam manfaat tambahan yang akan bermanfaat bagi masa depan Anda, sehingga semakin banyak pembelian maka semakin banyak pula manfaat yang bisa Anda raih. Kemudian menimbulkan rasa yang relatif lebih aman daripada membawa uang yang berlembar-lembar, memberikan perlindungan tambahan diatas pembelian seperti adanya garansi dan asuransi tambahan.

Lalu adapun kelebihan tambahan lainnya, seperti fungsinya sendiri yakni, membantu hal-hal yang sedang dalam keadaan darurat. Serta akan membantu mempermudah Anda dalam mengatur anggaran keuangan, menawarkan fleksibilitas saat sedang menjalankan proses pembelian, dan pengeluaran yang nantinya lebih terlacak karena terdapat statement yang akan keluar setiap bulannya beserta dengan rincian-rincian pembelian yang pernah Anda lakukan. Adapun mempermudah dan mempercepat proses dalam transaksi saat berbelanja online, serta dapat digunakan di seluruh dunia.

Apa itu Kartu Kredit?

Apa itu kartu Kredit?

Kartu kredit sendiri merupakan suatu fasilitas layanan perbankan yang digunakan nasabah untuk transaksi ataupun pembayaran saat belanja sesuatu di sebuah toko perbelanjaan maupun toko online. Dengan menggunakan kartu kredit ini, maka nasabah dapat membayar dengan cara kredit dan pasti akan mendapatkan macam-macam promo yang telah disediakan oleh suatu bank yang sedang digunakan. Nah, salah satu bank yang menyediakan layanan kartu kredit tersebut yakni adalah bank BRI.

Kamu Juga Harus Baca : 10 Alasan Tepat Mengapa Kamu Harus Memiliki Kartu Kredit

Sejarang Singkat Bank BRI

Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di negara Indonesia. Hari kelahiran BRI sendiri telah ditetapkan pada tanggal 16 Desember 1895, kemudian sejak 1 Agustus 1992 berdasarkan Undang-Undang Perbankan No. 7 tahun 1992 dan peraturan pemerintah RI No. 21 tahun 1992 telah dinyatakan bahwa status BRI berubah menjadi perseroan terbatas. Serta pada tahun 2003 pemerintah menjual 30% saham bank ini, sehingga berubah menjadi perusahaan publik.

Jenis Kartu Kredit BRI

Produk Kartu Kredit Bank BRI

1. BRI Touch Visa Gold

BRI Touch Visa Gold,  Iuran tahunannya yaitu Rp. 0 atau  gratis. Fitur yang disediakan oleh kartu kredit jenis ini yaitu gratis iuran tahunan seumur hidup, cicilan 0% sampai dengan 24 bulan, Diskon 40% McDelivery, dan lain sebagainya.

2. BRI Easy Card

BRI Easy Card, Iuran tahunannya sebesar Rp. 250.000,00 , fitur yang disediakan oleh kartu kredit jenis ini adalah cashback sebesar 1% untuk Cash Advance, cashback 2% untuk transaksi supermarket, dan cashback 3% untuk transaksi SPBU, dan sebagainya.

3. BRI JCB Platinum

BRI JCB Premium, Iuran tahunannya sebesar Rp. 300.000,00. Fitur yang disediakan oleh kartu kredit jenis ini yaitu adalah dua kali dan tiga kali BRI Point, Gratis akses Airport Lounge, penawaran istimewa di Jepang, dan sebagainya.

4. BRI Master Card Platinum

BRI Master Card Platinum, Iuran tahunannya sebesar Rp. 600.000,00. Dengan fitur-fitur yang disediakan oleh kartu kredit jenis ini yaitu terdapat bonus awal cashback sebesar Rp. 1.000.000,00. Promo menarik dengan point reward, bebas biaya penagihan, dan lain sebagainya.

5. BRI Infinite Card

BRI Infinite Card, Iuran tahunan yang diberikan sebesar Rp. 2.400.000, dengan fasilitas seperti fitur-fitur yang disediakan berupa tiga kali BRI point, gratis akses Airport Lounge, BRI Infinite Privileges, dan sebagainya.

Telah disimpulkan bahwa, dari kelima kartu kredit yang telah dikeluarkan oleh Bank BRI, sebagian besar fasilitas-fasilitas yang diberikan hampir sama. Diantaranya diterima diseluruh dunia (dapat bertransaksi ditempat yang berlogo Visa / Mastercard di seluruh dunia). Lalu terdapat pula promo-promo menarik, seperti mendapatkan free Airport Lounge di berbagai bandara yang terdapat di Indonesia, lalu program Belanja Ringan (BRIng) yang terdapat fasilitas cicilan dengab bunga 0-0,79% untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh nasabah, adapun BRI point untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh nasabah, selanjutnya terdapat BRI Travel Service, Call Center 24 jam, 44 layanan SMS dan Internet Banking.

Promo Cash Back Kartu Kredit BRI

Promo yang disediakan Bank BRI

Beberapa contoh promo kartu kredit yang disediakan oleh Bank BRI dengan menggunakan kartu kredit nya yaitu, diskon Rp. 75.000 di Matahari dengan menggunakan kartu kredit, selanjutnya terdapat promo di MUJI dengan menggunakan kartu kredit, lalu Promo di Royal Dermatology & Aesthetic Centre menggunakan kartu kredit, promo di McDonald’s menggunakan kartu kredit, mendapatkan diskon 10% di Pergi.com dengan menggunakan kartu kredit, diskon 20% di McCafe dengan menggunakan kartu kredit, gratis minuman di Ardent Archipelago dengan menggunakan kartu kredit, Promo McDonald’s sampai dengan diskon 40% menggunakan kartu kredit, Promo gratis choco sundae menggunakan kartu kredit, dan masih banyak lagi promo-promo lainnya. Namun bagi calon nasabah yang ingin menggunakan kartu kredit ini, khususnya kartu kredit yang diterbitkan oleh Bank BRI, memang terdapat beberapa syarat dan juga prosedur nya. Berikut merupakan beberapa syarat dan prosedur yang akan dibahas di bawah ini, yaitu sebagai berikut.

Syarat Pengajuan Kartu Kredit Bank BRI

Syarat-syarat yang diperlukan untuk membuat kartu kredit BRI ini berbeda-beda antara jenis pekerjaan dari calon nasabah.

Calon nasabah yang berprofesi sebagai karyawan:

  • Fotocopy KTP/Paspor dan Kitas (untuk WNA)
  • SK Pangkat Terakhir
  • Bukti penghasilan (Slip gaji /SKP /SPT)

Calon nasabah yang berprofesi sebagai wirausaha:

  • Fotocopy KTP /Paspor dan Kitas (untuk WNA)
  • Fotocopy rekening tabungan selama 3 bulan terakhir
  • Fotocopy akta pendirian /SIUP/DP

Calon nasabah yang berprofesi sebagai profesional:

  • Fotocopy KTP /Paspor dan Kitas (untuk WNA)
  • Bukti penghasilan (Slip gaji /SKP /SPT)
  • Fotocopy surat ijin profesi

Calon nasabah yang berprofesi sebagai TNI/Polisi/PNS:

  • Fotocopy KTP /Paspor dan Kitas (untuk WNA)
  • SK Pangkat Terakhir
  • Fotocopy rekening tabungan selama 3 bulan terakhir

Syarat Umum untuk Pengajuan Kartu Kredit BRI

  1. Calon nasabah minimal harus berusia 21 tahun untuk pemegang kartu utama dan minimal berusia 17 tahun untuk pemegang kartu tambahan. Kemudian calon nasabah juga harus menyiapkan dokumen seperti fotocopy KTP, fotocopy slip gaji yang telah dilegalisir dengan minimal gaji sebesar Rp. 3.000.000 per bulan atau surah keterangan penghasilan (jika tidak memiliki slip gaji), calon nasabah pun juga harus menyiapkan Surat Keterangan Penghasilan (SKP) dari perusahaan yang didalamnya berisi nama calon nasabah, jabatan, lama kerja, perincian gaji dan total gaji dan telah ditandatangani oleh setara manager.
  2. Lalu calon nasabah juga harus menyiapkan fotocopy NPWP, namun bagi yang belum memiliki NPWP, juga tidak perlu khawatir lagi karena calon nasabah tetap bisa membuat kartu kredit BRI ini. Sebab bagi yang belum memiliki NPWP ini nantinya, dari pihak bank akan memberikan calon nasabahnya berupa surat pernyataan untuk ditandatangani yang didalamnya berintikan bahwa suatu hari nanti jika sudah memiliki NPWP, maka akan segera menyerahkan fotocopy nya kepada pihak Bank BRI.
  3. Selanjutnya calon nasabah juga harus menyiapkan fotocopy buku tabungan selama 3 bulan terakhir. Apabila dokumen-dokumen yang ditetapkan diatas telah lengkap dan siap semua, maka hal yang dilakukan selanjutnya adalah mendaftar.

Cara Membuat Kartu Kredit Bank BRI

1. Cara Pengajuan Kartu Kredit BRI Secara Offline

  • Datanglah ke kantor BRI terdekat atau kantor BRI yang Anda ketahui dengan membawa dokumen-dokumen yang telah disebutkan tadi sebagai suatu persyaratan.
  • Lalu setelah Anda sudah berada di Bank BRI, segeralah ambil nomor antrian untuk customer service dan tunggu sampai nomor Anda dipanggil.
  • Jika nomor antrian Anda sudah dipanggil, sampaikan kepada pegawai customer service tentang maksud dan tujuan Anda datang ke Bank BRI, yaitu ingin membuat kartu kredit bank BRI.
  • Berikan dokumen-dokumen yang sudah Anda bawa tersebut untuk diperiksa oleh customer service.
  • Setelah dokumen-dokumen sudah selesai diperiksa, maka customer service akan menjelaskan kepada Anda tentang produk-produk kartu kredit yang ada di Bank BRI beserta syarat dan ketentuan, dan bila Anda setuju maka Anda akan diminta untuk mengisi formulir yang diberikan oleh customer service.
  • Lalu isilah formulir pengajuaan kartu kredit BRI tersebut, setelah sudah terisi semua, Anda akan dimintai administrasi dengan memberi materai sebesar Rp. 6.000.
  • Jika Anda sudah membeli materai tersebut, maka Anda diminta untuk menunggu petugas Bank mengirimkan formulir dan persyaratan Anda lainnya ke customer service care BRI pusat untuk diperiksa atau dilakukan kajian terhadap dokumen-dokumen Anda sebagai pertimbangan apakah pengajuan Anda untuk membuat kartu kredit disetujui atau tidak.
  • Anda pun akan dihubungi untuk mengikuti wawancara seputar data pribadi milik Anda tersebut, serta nama ibu kandung, saudara yang tidak serumah, serta data-data pekerjaan.

Jika dokumen-dokumen Anda tadi telah disetujui oleh pihak Bank BRI pusat, maka akan ada pemberitahuan dari pihak bank dan bank akan menghubungi Anda untuk mengkonfirmasi. Biasanya analis dari pihak bank BRI ini juga akan menghubungi kantor tempat Anda bekerja, dan biasanya pun yang akan dihubungi adalah HRD atau pihak bagian keuangan dalam kantor, supaya dapat langsung mengklarifikasi berapa gaji perbulan yang diterima oleh Anda. Serta status pekerjaan dan lama kerja Anda di perusahaan tersebut yang nantinya pun akan ditanyakan pada HRD. Anda akan segera mendapatkan kartu kredit Anda melalui alamat yang tertera di formulir yang telah Anda isi tadi. Dengan begitu pendaftaran selesai.

2. Cara Pengajuan Kartu Kredit BRI Secara Online

Cara membuat kartu kredit BRI secara online yaitu dengan mengunjungi aplikasi kartu kredit BRI Online dengan alamat website nya DISINI. Sedangkan untuk pengajuan kartu kredit secara online, pengisian formulir tentu saja dengan cara mengisi di alamat website yang sudah tertera diatas, pengisian formulir tersebut membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 10 sampai 12 menit. Calon nasabah harus terdaftar sebagai warga negara Indonesia (WNI) yang sah. Yang memiliki usia minimal 17 tahun dan telah berpenghasilan minimal Rp. 3.000.000 per bulan. Siapkan KTP, NPWP, dan bukti penghasilan untuk memudahkan pengisian formulir.

Berikut ini adalah gaji minimum calon nasabah yang cocok dengan jenis-jenis kartu kredit yang terdapat di bank BRI yaitu : 

  • Kartu kredit BRI Classic atau Kartu Kredit Silver. Minimal gaji yang diharuskan untuk mendapatkan kartu kredit ini yaitu Rp. 3.000.000 per bulannya. 
  • Kartu kredit BRI gold, minimal gaji yang diharuskan untuk mendapatkan kartu kredit jenis ini yaitu Rp. 60.000.000 per tahun.
  • Kartu kredit BRI Platinum, minimal gaji yang diharuskan untuk mendapatkan kartu kredit jenis ini adalah sebesar Rp. 90.000.000 per tahun.

Keuntungan Kartu Kredit Bank BRI

Membantu Modal Usaha
Keuntungan Kartu Kredit Bank BRI

Sekian beberapa pembahasan diatas mengenai prosedur, syarat, serta cara mengajukan kartu kredit BRI. Dapat diketahui bahwa BRI memang sering menawarkan banyak promo kredit yang sangat menarik dan bekerja sama dengan pihak-pihak yang terpercaya. Fitur-fitur serta penawaran yang menarik ini pastinya memiliki banyak keuntungan untuk Anda saat transaksi finansial, kelebihannya antara lain yaitu :

  1. Limit kartu yang sesuai dan disesuaikan dengan jenis kredit yang Anda gunakan.
  2. Tersedia banyak sekali fasilitas dari setiap jenis kartu kredit yang diterbitkan oleh bank BRI.
  3. Iuran untuk tahun pertama gratis dan benar-benar bebas biaya.
  4. Cara apply kartu yang memang sangat didukung penuh. Kemudian, syarat kredit BRI yang tidak memberatkan Anda sama sekali, sekalipun itu adalah pengajuan pertama.
  5. Suku bunga yang ditawarkan dalam kartu kredit terbukti cukup murah.
  6. Penggunaan kartu kredit BRI ini dapat diterima untuk sarana bertransaksi yang hampir ada diseluruh ATM berlogo Cirrus.

Pengajuan Kartu Kredit Lainnya : Syarat, Keuntungan Dan Cara Membuat Kartu Kredit Mandiri 

Promo Yang Disediakan Kartu Kredit Bank BRI

Adapun promo-promo terbaru yang pastinya akan ada dan memberi kejutan bagi Anda yang sedang menunggu. Jadi Anda juga dapat memanfaatkan promo-promo kartu kredit BRI tersebut untuk mengisi hobi yang Anda miliki. Seperti halnya memang berfungsi untuk mewujudkan kenikmatan bagi para penggunanya, selain itu sebagai salah satu cara  mencari nasabah dengan benar. Nah, misalnya Anda mempunyai hobbi fasion, maka buatlah kartu kredit yang banyak memberikan promo-promo di outlet-outlet fashion. Sama halnya dengan hobbi kuliner, maka buatlah kartu kredit yang banyak memberikan promo di restaurant.

Promo Kartu Kredit BRI
Promo Kartu Kredit BRI

Hal ini supaya kartu kredit bisa lebih bermanfaat untuk Anda gunakan. Jadi apapun hobbi dan kesukaan yang Anda miliki, cari tahulah lebih lanjut di promo-promo kartu kredit yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk memilih. Sehingga Promo kartu Kredit BRI ini bisa saja Anda manfaatkan untuk berbelanja apapun, dan disesuai dengan syarat ketentuan promo yang berlaku. Promo ini pun dapat berupa diskon berbelanja, penawaran khusus, bonus dan lainnya.

Sebab itulah dengan adanya kartu kredit BRI ini, pembayaran untuk belanja langsung maupun online menjadi lebih mudah. Namun yang harus diperhatikan adalah, jangan sampai kartu kredit yang kita miliki nantinya malah menjadi parasit untuk diri kita. Seperti tagihan-tagihan kartu kredit akibat penggunaan yang tidak wajar, dan  tidak sesuai dengan cara pemakaian yang ada. Sekian penjelasan diatas, semoga bermanfaat bagi Anda.

Syarat, Keuntungan dan Cara Membuat Kartu Kredit BRI 2018
5 (100%) 3 votes

Gambar Gravatar
Ulasanbisnis.com merupakan website yang membahas seputar dunia usaha, trend bisnis, solusi keuangan, perbankan, kartu kredit, asuransi dan lainnya.