Syarat, Keuntungan Dan Cara Membuat Kartu Kredit Mandiri Terbaru 2018

Diposting pada

Cara Membuat Kartu Kredit Mandiri Terbaru 2018  Di jaman modern yang semakin berkembang ini, serta kebutuhan yang akan selalu meningkat, mendorong masyarakat untuk lebih canggih dengan memilih kartu kredit sebagai alat pembayaran non tunai. Apalagi dengan banyaknya aplikasi belanja online yang mengharuskan konsumennya untuk membayar secara non tunai. Kartu kredit adalah suatu sistem penyelesaian transaksi ritel dan sistem kredit.

Kartu kredit berbeda dengan kartu debit, dimana pembuat kartu kredit yakni dengan meminjamkan nasabahnya uang dan bukan mengambil uang dari rekening. Beberapa organisasi kartu kredit yang ada diseluruh dunia yaitu American Express, China UnionPay, citi, Diners Club, JCB, Discover Card, Master Card, VISA. Selain lebih mengefektifkan pembayaran, penggunaan kartu kredit ini merupakan salah satu penggunaan pembayaran non tunai yang paling menarik karena banyak menyediakan banyak bonus serta penawaran yang menarik.

Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit

Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit
Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit

Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit yaitu, praktis dan nyaman, menawarkan beberapa manfaat tambahan (Cashback, diskon belanja, gratis iuran tahunan, point khusus, dan sebagainya), relatif lebih aman, memberikan perlindungan tambahan atas pembelian, membantu dalam keadaan darurat, mempermudah mengatur anggaran keuangan, menawarkan fleksibilitas dalam melakukan pembelian, pengeluaran lebih terlacak, mempermudah transaksi online, dan dapat digunakan diseluruh dunia (dimanapun Anda berada, didalam maupun diluar negeri Anda tetap dapat menggunakannya).

Siapa Saja Pengguna Kartu Kredit?

Siapa Saja Pengguna Kartu Kredit
Siapa Saja Pengguna Kartu Kredit

Pengguna dari kartu kredit ini juga bermacam-macam. Mulai dari karyawan, pengusaha, pejabat, banyak menggunakan alternatif ini, karena sangat efektif dalam pembayaran. Sebagian masyarakat memang masih banyak yang bingung mengenai cara pembuatan kartu kredit ini, karena biasanya pengguna kartu kredit haruslah orang yang memiliki gaji diatas 5 juta saja. Namun dijaman yang sudah berkembang, untuk masyarakat dengan penghasilan dibawah 5 juta, bahkan seperti karyawan-karyawan dengan gaji 3 juta sudah bisa menggunakan kartu kredit ini.

Karyawan yang memiliki gaji 3 juta Perbulan dikategorikan sebagai pemula dalam pengguna kartu kredit. Kartu kredit untuk para pemula memberikan berbagai kemudahan untuk melakukan transaksi, seperti belanja ataupun membayar tagihan. Namun limit kredit yang diberikan untuk pemula tidaklah besar, sehingga pengguna bisa menggunakan kartu kreditnya dengan wajar dan tak berlebihan.

Keuntungan Memilih Kartu Kredit Mandiri

Keuntungan Memilih Kartu Kredit Mandiri
Keuntungan Memilih Kartu Kredit Mandiri

Keuntungan menggunakan kartu kredit mandiri yaitu agar efektif dan agar mendapatkan potongan harga atau promo Cashback saat berbelanja. Karena kartu kredit banyak menawarkan promo dan bonus-bonus yang menarik yang diberikan oleh supermarket untuk pelanggan yang menggunakan kartu kredit. Namun bagi para pemula, jika berkeinginan menggunakan kartu kredit, sebaiknya sebelum mengajukan permohonan penerbitan kartu kredit, pikirkan terlebih dahulu apakah nantinya kartu kredit ini dapat membantu Anda atau malah tambah mempersulit perekonomian Anda dengan munculnya tagihan kartu kredit.

Salah satu bank yang menyediakan layanan kartu kredit yaitu bank Mandiri. Bank Mandiri merupakan bank yang kantor pusatnya yang di kota Jakarta, dan merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia apabila dilihat dari aset, pinjaman, dan depositnya.

  • Sejarah Singkat Bank Mandiri

Sejarah Singkat Bank Mandiri
Sejarah Singkat Bank Mandiri

Bank Mandiri didirikan pada tanggal 2 oktober 1998 (tergolong masih muda) sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh pemerintah. Pada bulan juli 1999, beberapa bank milik pemerintah digabungkan ke dalam bank Mandiri, yaitu diantaranya Bank Bumi Daya (BBD) , Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo).

Bank Mandiri termasuk dalam badan usaha milik negara karena didirikan oleh pemerintah Indonesia. Cabang dari Bank Mandiri di Indonesia kira-kira berjumlah 1.296 cabang. Bank Mandiri juga memiliki beberapa jenis anak perusahaan yang berkembang, yaitu Bank Syariah Mandiri, Mandiri Sekuritas, AXA-Mandiri Financial Service, Bank Mandiri Taspen Pos, Mandiri Tunas Finance, dan Asuransi Jiwa InHealth Indonesia.

Pada bulan maret 2005, Bank Mandiri memiliki cabang yang tersebar di seluruh Indonesia dengan jumlah total 829 serta enam cabang yang berada di luar negeri. Selain itu pada bulan dan tahun yang sama, Bank Mandiri memiliki sekitar 2.500 ATM dan tiga anak perusahaan utama. Nasabah bank Mandiri yang terdiri dari berbagai profesi ini merupakan penggerak utama perekonomian Indonesia pula.

Bila dilihat dari sektor usaha, nasabah Bank Mandiri bergerak di berbagai bidang usaha. Pada bulan Juni tahun 2013, Bank Mandiri memiliki cabang yang bertambah yaitu berjumlah 1.811 cabang dan memiliki 11.812 ATM yang tersebar di seluruh 34 provinsi di Indonesia. Dan sampai pada tahun ini, cabang Mandiri semakin bertambah. Hal ini semakin menegaskan bahwa Bank Mandiri merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia.

  • Perkembangan Bank Mandiri

Dilihat dari perkembangan bisnis yang dilakukan oleh Bank Mandiri, salah satu bisnis yang dilakukan adalah Bank Mandiri membentuk suatu perusahaan baru yang bernama Mandiri Capital. Mandiri Capital dianggap sebagai modal ventura pertama yang berbasis teknologi di Indonesia.

Cara kerja dari Mandiri Capital yaitu dengan menanamkan modal ke bisnis-bisnis start up yang dianggap berpotensi besar. Lalu usaha lain yang dilakukan oleh bank Mandiri yaitu dengan menambah dua kantor cabang baru dipulau Gili Trawangan dan Singingi, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bank Mandiri melakukan pembukaan cabang baru ini karena melihat prospek ekonomi yang tinggi disektor pariwisata.

Serta usaha lainnya lagi yang sudah dilakukan oleh Bank Mandiri yaitu dengan menyediakan layanan perbankan bagi Pos Indonesia yang dilakukan untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan kas. Dengan adanya layanan jenis tersebut, maka Bank Mandiri akan mengelola kas Pos Indonesia seperti penyediaan likuiditas, penerimaan setoran dana, pengelolaan dana dan rekening, fasilitas Cash management, serta layanan perbankan lainnya untuk para pegawai dan mitra bisnis Pos Indonesia.

Dari kerjasama antara Bank Mandiri dengan Pos Indonesia telah menghasilkan berbagai pengembangan bisnis, seperti salah satunya pembentukan bank joint venture bersama-sama dengan TASPEN dengan nama Bank Mantap yang menjadi perantara untuk penyaluran kredit pensiunan. Selain itu Bank Mandiri dan Pos Indonesia juga bekerja sama untuk mendukung kelancaran penyaluran PSKS melalui layanan yaitu keuangan digital. Selain berbagai kerja sama tersebut, Bank Mandiri juga menyediakan layanan keuangan untuk pegawai dan juga pensiunan Pos Indonesia.

Kamu Harus Baca: 10 Alasan Tepat Mengapa Kamu Harus Memiliki Kartu Kredit

Produk Yang dikeluarkan Bank Mandiri

Jenis Kartu Kredit Mandiri
Jenis Kartu Kredit Mandiri

1. e-Banking

e-Banking yang terdiri dari Mandiri ATM, Mandiri Debit, Mandiri Prabayar, Mandiri SMS, Mandiri Call (1400 atau (024) 5299777), Mandiri Internet Banking, Mandiri Mobile (Mandiri Mobile iPhone, Mandiri Mobile Android, Mandiri Mobile BlackBerry), Mandiri e-Cash.

2. Kartu Kredit

Yang terdiri dari Mandiri Mastercard (Feng Shui Card Platinum, Skype Card Titanium, Everyday Card, World Elite), Mandiri Visa (Visa Signature Golf Card, Visa Signature Card, Visa Platinum Golf Card, Visa Platinum Card, Golf Card, Gold Card, Silver Card, Kartu Hypermart Gold, Kartu Hypermart Regular, Platinum Corporate Card, dan Corporate Card)

Jenis – Jenis Kartu Kredit Bank Mandiri

Jenis - Jenis Kartu Kredit Bank Mandiri
Jenis – Jenis Kartu Kredit Bank Mandiri

1. Kartu Kredit Mandiri Corporate Card 

Dengan iuran tahunannya sebesar Rp. 350.000. Dan dengan fitur-fitur utama yang disediakan berupa Premium Corporate Control, First Class Travelling Program, Reward Point Mandiri (setiap transaksi senilai Rp. 2.500 Anda akan mendapatkan double Mandiri PowerPoint). Dan fasilitas – fasilitas yang disediakan berupa Internasional Visa / Mastercard Support, Pembayaran Tagihan Minimum Rendah, Limit Kredit Kompetitif, Verified Visa/Mastercard Transaction, Visa/Mastercard Cash Advance, Mandiri Protection, Mandiri E-billing, Mandiri Power Refill, Mandiri Power Cash, Mandiri Power Buy, Mandiri Auto Installment, Mandiri Power Discount, Mandiri Katalog, Mandiri Travel Center, Mandiri ATM & Call Center.

2. Kartu Kredit Mandiri Distribution Card

Dengan iuran tahunan sebesar Rp. 500.000. Dan dengan fitur-fitur utama yang disediakan berupa cicilan Auto Installment, Reward Point Mandiri. Dan fasilitas – fasilitas yang disediakan berupa Internasional Visa /Mastercard Support, Pembayaran Tagihan Minimum Rendah, Limit Kredit Kompetitif, Verified Visa /Mastercard Transaction, Visa /Mastercard Cash Advance, Mandiri Protection, Mandiri E-billing, Mandiri Power Refill, Mandiri Power Cash, Mandiri Power Buy, Mandiri Auto Installment, Mandiri Power Discount, Mandiri Katalog, Mandiri Travel Center, Mandiri ATM & Call Center.

3. Kartu Kredit Mandiri Everyday Card

Dengan iuran tahunan sebesar Rp. 180.000. Merupakan Regular Card, terdapat 12 desain kartu yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan kepribadian nasabah. Kemudian kartu kredit Fengshui Card, dengan iuran tahunan sebesar Rp. 600.000. Merupakan premium Card, desain kartu yang dapat disesuaikan dengan perhitungan Fengshui nasabah.

4. Kartu Kredit Mandiri Gold Card

Dengan iuran tahunan sebesar Rp. 324.000. Merupakan regular card, memudahkan dan lebih cepat saat proses belanja karena adanya fitur contactless.

5. Kartu Kredit Mandiri Golf Card Gold

Mandiri Golf Card Gold, dengan iuran tahunan sebesar Rp. 500.000. Merupakan reguler Card, dapat berpartisipasi dalam turnamen golf Bank Mandiri. Mandiri Golf Card Platinum, dengan iuran tahunan sebesar Rp. 600.000. Merupakan premium Card. Mandiri HA IPB, dengan iuran tahunan sebesar Rp. 450.000. Merupakan Affinity Card. Mandiri Hypermart Card Gold, dengan iuran tahunan sebesar Rp. 250.000. Merupakan Co-Branding Card, dapat diskon 10% di Hypermart dan foodmart untuk pembelian fresh food. Mandiri IBI Card, dengan iuran tahunan sebesar Rp. 342.000. Merupakan Affinity Card.

Persyaratan Untuk Mengajukan Kartu Kredit Mandiri

Cara Membuat Kartu Kredit Mandiri
Cara Membuat Kartu Kredit Mandiri

Persyaratan untuk pemegang kartu utama minimum berusia 21 tahun dan maksimum 65 tahun, sedangkan untuk pemegang kartu tambahan minimum berusia 17 tahun,Kewarganegaraan WNA dan WNI. Untuk jenis kartu kredit Mandiri Platinum Card pendapatan minimum sebesar Rp. 11.000.000 per bulan, kartu kredit Mandiri Fengshui Card pendapatan minimum sebesar Rp. 11.000.000 per bulan. Mandiri Golf Card Gold pendapatan minimum sebesar 5.000.000 per bulan.

Mandiri Golf Card Platinum pendapatan minimum sebesar Rp. 11.000.000 per bulan. Mandiri Skyz Card pendapatan minimum sebesar Rp. 5.000.000 per bulan. Mandiri Everyday Card pendapatan minimum sebesar Rp. 3.000.000 per bulan. Mandiri Gold Card pendapatan minimum sebesar Rp. 5.000.000 per bulan. Mandiri Hypermart Card Gold pendapatan minimum sebesar Rp. 5.000.000 per bulan. Mandiri Corporate Card pendapatan minimum sebesar Rp. 10.000.000 per bulan. 

Selain syarat yang telah ditentukan oleh pihak Bank Mandiri, calon nasabah juga harus menyiapkan beberapa dokumen sesuai dengan profesi calon nasabah tersebut. Jadi bagi calon nasabah yang berprofesi sebagai karyawan, maka dokumen yang diperlukan untuk membuat kartu kredit yakni fotocopy KTP /KITAS, bukti penghasilan (slip gaji /SKP /SPT).

Selanjutnya, untuk calon nasabah yang berprofesi sebagai wirausaha, dokumen yang diperlukan untuk membuat kartu kredit yaitu fotocopy KTP /KITAS, fotocopy rekening tabungan selama dua bulan terakhir, dan fotocopy akta pendirian /SIUP /TDP. Untuk calon nasabah yang berprofesi sebagai profesional, dokumen yang diperlukan untuk membuat kartu kredit yaitu fotocopy KTP /KITAS, Bukti penghasilan (Slip gaji /SKP /SPT), Dan fotocopy surat izin profesi.

Cara Membuat Kartu Kredit Mandiri

Untuk cara pengajuan permohonan Kartu Kredit Bank Mandiri terdapat dua cara :

1. Cara Pertama

Datang langsung ke kantor cabang Mandiri terdekat atau yang lainnya yang Anda ketahui dengan menemui customer service dengan membawa semua persyaratan dan dokumen – dokumen yang sudah disiapkan. ambilah nomor antrian untuk customer service dan tunggu sampai nomor Anda dipanggil. Jika nomor antrian Anda sudah dipanggil, sampaikan kepada pegawai customer service tentang maksud dan tujuan Anda datang ke Bank Mandiri yaitu ingin membuat kartu kredit bank Mandiri, dan berikan dokumen-dokumen yang sudah Anda bawa untuk diperiksa oleh customer service. Setelah dokumen-dokumen sudah selesai diperiksa, maka customer service akan menjelaskan kepada Anda tentang produk-produk kartu kredit yang ada di Bank Mandiri beserta syarat dan ketentuan, dan bila Anda setuju maka Anda akan diminta untuk mengisi formulir yang diberikan oleh customer service. Lalu isilah formulir tersebut.

2. Cara Kedua

Dengan mengirimkan semua persyaratan dan dokumen – dokumen melalui pos atau jasa pengiriman yang ditujukan kepada Mailing Room Mandiri Card Center, Plaza Bapindo Mandiri Tower lantai 10, jl. Jenderal Sudirman Kav. 54-55, Jakarta 12190. Setelah persyaratan Anda diterima oleh pihak Bank (tim verifikasi Mandiri Card Center), mereka akan menghubungi kerabat Anda yang sudah tertera di formulir (untuk formulir bisa didapatkan dengan mendownload file PDF nya DISINI) yang telah Anda isi untuk investigasi mengenai kebenaran identitas Anda, Jadi pastikan orang yang nomor telepon nya Anda tulis di formulir, sebelumnya telah Anda beri tahu bahwa akan ada pihak dari Bank Mandiri yang akan menghubunginya.

Telah disimpulkan bahwa kartu kredit dapat memudahkan Anda dalam melakukan transaksi belanja, apalagi dengan jaman yang sudah sangat maju dengan teknologi yang ada, aplikasi belanja online pun semakin bertambah. Tidak hanya wanita, tetapi mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, pria dan wanita tertarik pada aplikasi belanja online.

Dengan adanya kartu kredit ini, Pembayaran untuk belanja online menjadi lebih mudah. Namun yang harus diperhatikan adalah, jangan sampai kartu kredit yang kita miliki yang seharusnya membantu kita menjadi terbalik dengan memberikan kita kesulitan seperti tagihan – tagihan kartu kredit akibat penggunaan kartu kredit yang tidak wajar, yang tidak sesuai dengan cara pemakaian yang ada. Dengan sedikit penjelasan mengenai bank Mandiri, prosedur, Syarat-syarat , dan bagaimana caranya mengajukan kartu kredit Mandiri diatas, semoga Cara Membuat Kartu Kredit Mandiri dapat bermanfaat bagi Anda, khususnya untuk para calon nasabah yang mempunyai rencana memiliki kartu kredit Mandiri.

Syarat, Keuntungan Dan Cara Membuat Kartu Kredit Mandiri Terbaru 2018
5 (100%) 9 votes
Gambar Gravatar
Ulasanbisnis.com merupakan website yang membahas seputar dunia usaha, trend bisnis, solusi keuangan, perbankan, kartu kredit, asuransi dan lainnya.