cara menghasilkan dari google adsense mudah
cara menghasilkan dari google adsense mudah

7 Cara Menghasilkan Uang dari Google Adsense 2018

Diposting pada

7 Cara Menghasilkan Uang dari Google Adsense 2018 – Di jaman yang serba maju seperti sekarang, teknologi internet memberikan kontribusi yang sangat besar bagi mereka yang ingin menghasilkan pundi-pundi uang, salah satunya adalah dengan memanfaatkan Google Adsense. Google Adsense sendiri merupakan layanan yang dari Google yang dibuat agar situs-situs kecil hingga besar dapat memperoleh uang dari iklan yang terpasang pada situs tersebut.

Cara menghasilkan uang dari Google Adsense
Cara menghasilkan uang dari Google Adsense

Pertanyaannya, bagaimana cara untuk mendapatkan uang dari Google Adsense? Daripada Anda penasaran, sebaiknya simak ulasan berikut ini.

Cara Menghasilkan Uang dari Google Adsense 2018

Sekedar informasi, langkah-langkah yang dijelaskan pada kesempatan kali ini berlaku bagi Anda yang telah memiliki akun dan telah diapprove oleh Google Adsense. Sedangkan untuk Anda yang baru pertama kali menggunakan Google Adsense, sebaiknya daftarkan diri Anda pada situs https://www.google.com/adsense/signup terlebih dahulu. Adapun cara menghasilkan dari Google Adsense yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Mengatur Ad Unit

Ad Unit merupakan istilah yang digunakan pada Google Adsense dalam mengatur tampilan iklan yang muncul di sebuah situs. Dalam hal ini, terdapat beberapa langkah untuk mengoptimasi iklan agar lebih menarik pengunjung sehingga mampu menghasilkan uang.

cara mengatur ad unit yang tepat pada google adsense
cara mengatur ad unit yang tepat pada google adsense

Langkah-langkah Mengatur Ad Unit Google Adsense:

  1. Masuk pada akun Google Adsense Anda dan klik ‘My Ads’ yang terdapat di bagian kiri atas halaman. Selanjutnya klik ‘New Ad Unit’.
  2. Berikan nama pada ‘Ad Unit’ Anda. Dalam hal ini, sebenarnya Anda dapat menggunakan nama apa saja, namun akan lebih baik apabila Anda mengikuti format standar penamaan ad unit seperti [situs target iklan]_[ukuran iklan]_[tanggal iklan]. Contohnya adalah websiteiklan.com_400x200_260418.
  3. Atur jenis iklan yang Anda terapkan. Hal ini sangat menentukan bagaimana tampilan iklan yang muncul pada situs Anda. Beberapa jenis iklan yang dapat dipilih adalah hanya teks, teks dan gambar, dan hanya gambar.
  4. Ciptakan Gaya Iklan. Pada langkah ini, Anda dapat menggunakan berbagai pilihan warna untuk komponen-komponen iklan seperti judul, border, background, teks iklan, dan URL. Selain itu, Anda dapat mengatur sudut iklan mulai dari yang berbentuk persegi hingga bulat.
  5. Dapatkan kode untuk iklan. Apabila Anda telah melakukan pengaturan Ad Unit, maka simpan pekerjaan tersebut dengan mengklik tombol ‘Save and Get Code’ yang terdapat di bagian paling bawah laman Google Adsense. Langkah ini bertujuan agar pengelola website mendapatkan kode yang dapat ditaruh di bagian HTML situs.
  • Mendesain Iklan Promosi pada Situs

Cara menghasilkan uang dari Google Adsense sangat berhubungan erat dengan bagaimana cara Anda dalam mendesain iklan promosi yang disematkan pada situs. Adapun trik yang harus dipahami adalah sebagai berikut:

1. Menelaah Konten

Dalam mendesain berbagai iklan promosi, hal paling penting yang harus Anda pahami yakni mengetahui siapa saja yang akan menjadi target iklan promosi tersebut. Semakin spesifik sasaran pembaca atau pengunjung situs Anda, maka akan semakin besar pula peluang Anda dalam memperoleh penghasilan dari iklan tersebut.

2. Menyesuaikan Iklan

Meskipun Google Adsense akan memberikan iklan secara otomatis pada situs Anda, namun tool yang digunakan oleh Adsense memberikan kontrol yang lebih ketat. Untuk itu, sebaiknya Anda juga menyesuaikan iklan yang muncul dengan kategori-kategori tertentu.

3. Optimasi Desain Situs dan Penempatan Iklan

Terdapat beberapa tempat yang terbilang cukup efektif untuk menempatkan atau memasang iklan. Adapun penempatan dan jenis iklan yang paling baik serta efektif adalah iklan yang muncul pertama kali ketika situs dibuka, iklan yang berada di bagian kiri atau tepat di bagian atas konten, ukuran iklan yang lebih lebar, dan iklan yang menampilkan video ataupun gambar.

4. Pelajari Bagaimana Cara Kerja Google Adsense

Jadi intinya, situs Google Adsense akan mengirimkan iklan secara otomatis pada situs yang telah didaftarkan ke Adsense. Hanya saja, terdapat beberapa kriteria yang berbeda terhadap setiap iklan misalnya dari penargetan kontekstual, iklan berdasarkan minat, serta penargetan penempatan.

Besaran Harga Iklan yang Dibayarkan oleh Google Adsense

Setelah mengetahui tentang tips dan cara menghasilkan uang dari Google Adsense, hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah mengenai beesaran harga iklan yang akan dibayar oleh Adsense. Sebenarnya besarnya nominal atau harga bayaran Anda yang memasang iklan dari Google Adsense nilainya relatif. Namun dengan melakukan beberapa hal berikut, kemungkinan pendapatan Anda akan semakin besar. Di antaranya adalah:

1. Memperhatikan Traffik

Berbicara mengenai Google Adsense dan pendapatan, traffik atau lalu lintas pengunjung menjadi salah satu hal paling penting yang harus benar-benar diperhatikan. Hal ini karena Adsense memiliki 2 metode yang diterapkan dalam membayar situs Anda. Pertama adalah melihat jumlah kunjungan dan yang kedua adalah banyaknya klik iklan yang diperoleh situs.  

Kamu juga harus membaca : 7 Kartu Kredit Terbaik Di Indonesia 2018 (Kartu Kredit Paling Menguntungkan)

Perhitungannya, untuk situs yang mendapatkan kunjungan atau tayangan halaman sebanyak 1.000 kali, maka gajinya beragam mulai dari 0,5 Dollar hingga 5 Dollar. Apabila setiap hari situs Anda memiliki tayangan rata-rata sebanyak 1.000 per hari, maka dalam sebulan rata-rata pendapatan adalah 1,50 Dollar hingga 150 Dollar.

2. CPC (Cost Per Click)

Seperti yang dijelaskan di atas, salah satu cara menghasilkan uang dari Google Adsense adalah dengan sistem CPC atau cost per click. Maksudnya adalah terdapat bonus tambahan jika iklan yang Anda pasang diklik oleh pengunjung.

3. CTR (Click through Rate)

Merupakan sebuah prosentase pengunjung pada situs Anda yang dibandingkan dengan seberapa banyak iklan yang diklik. Contohnya adalah jika situs Anda dikunjungi oleh 1.000 orang setiap hari dan diklik 10 kali oleh pengunjung, maka CRT Anda adalah sebesar 1%.

Tips Mendapatkan Uang Dari Google Adsense

Anda telah memahami beberapa cara untuk menghasilkan uang dari Google Adsense. Selain menggunakan cara-cara di atas, masih ada 2 tips lain yang dapat Anda coba terapkan agar situs Anda dapat meraup banyak pengunjung. Adapun tipsnya adalah:

  • Konten adalah Raja

Kualitas konten menjadi faktor paling penting untuk mengoptimalkan situs Anda. Apabila sebuah situs memiliki konten yang sangat lengkap, menarik, dan berkualitas, maka semakin banyak pula pengguna yang akan tertarik untuk mampir ke situs Anda.

Rumus simplenya adalah seperti ini:

Banyaknya Pengunjung + Iklan Sesuai Target = Uang

  • Hindari Desain Khusus untuk Teks Adsense

Saat situs Anda telah terhubung ke Google Adsense, umumnya webmaster akan mendesain situs yang secara khusus dapat melayani iklan teks yang diberikan oleh Adsense. Padahal ini melanggar kebijakan Google Adsense sendiri. Jadi Anda harus mengaplikasikan iklan yang Anda pasang secara manual tanpa bantuan desain situs tertentu.

Artikel lainnya : Cara Membuat Kartu Kredit Untuk Mahasiswa 

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Google Adsense dan bagaimana cara mendulang uang dari produk Google tersebut. Semoga sedikit ulasan tentang cara menghasilkan uang dari Google Adsense di atas dapat bermanfaat bagi Anda.

7 Cara Menghasilkan Uang dari Google Adsense 2018
5 (100%) 1 vote
Gambar Gravatar
Ulasanbisnis.com merupakan website yang membahas seputar dunia usaha, trend bisnis, solusi keuangan, perbankan, kartu kredit, asuransi dan lainnya.