cara menghasilkan uang dengan membuat aplikasi
cara menghasilkan uang dengan membuat aplikasi

7 Cara Menghasilkan Uang dengan Membuat Aplikasi Android 2018

Diposting pada

7 Cara Menghasilkan Uang dengan Membuat Aplikasi Android 2018 – Seperti yang kita tahu, perkembangan teknologi yang semakin canggih seperti sekarang membuat perubahan besar terhadap banyak hal, salah satunya adalah bisnis aplikasi mobile. Aplikasi mobile sendiri merupakan jenis aplikasi yang khusus dirancang bagi pengguna smartphone atau gadget canggih lainnya.

Bisnis yang satu ini mengalami perkembangan yang sangat luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Pasalnya peningkatan pengguna smartphone semakin pesat setiap tahunnya. Bahkan dalam satu tahun, rata-rata pihak Google mengeluarkan uang sebesar USD 7 Miliar atau sekitar 93 Triliun Rupiah untuk para developer aplikasi. Angka tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengembang atau developer aplikasi mobile yang ingin mendulang pundi-pundi uang dari Google.

Cara menghasilkan uang dengan membuat aplikasi
Cara menghasilkan uang dengan membuat aplikasi

Meski demikian, kesempatan menjadi seorang developer aplikasi sepertinya belum dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para developer Indonesia. Sejauh ini, hanya terdapat 1 aplikasi asli Indonesia yang dapat masuk ke dalam 1.000 besar aplikasi Android di seluruh dunia. Aplikasi tersebut adalah Go-Jek. Padahal menurut statistik, Indonesia menjadi pasar paling potensial karena memiliki lebih dari 64 juta pengguna internet berbasis mobile.

Untuk itulah, pada kesempatan kali ini Anda akan diajak mengulas tentang bagaimana langkah dan cara menghasilkan uang dengan membuat aplikasi mobile hingga sukses.

Cara Menghasilkan Uang Dengan Membuat Aplikasi Android yang Baik

Langkah pertama yang harus diperhatikan yakni membuat sebuah aplikasi yang baik. Ini adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan kesuksesan dalam bisnis aplikasi mobile. Seorang developer harus tahu, bahwa akan ada lebih dari 80 persen pengguna aplikasi yang berhenti menggunakan aplikasi tersebut jika mengalami crash sebanyak 2 kali atau lebih. Meskipun crash pada aplikasi terbilang hal yang cukup wajar, namun itu akan membuat pengguna tak berpikir panjang hingga akhirnya melakukan uninstall aplikasi tersebut.

cara membuat aplikasi android mudah
cara membuat aplikasi android mudah

Untuk itu, sebelum meluncurkan aplikasi, Anda harus melakukan pengetesan terlebih dahulu mengenai kualitas sebuah aplikasi. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Memanfaatkan Alpha Beta Testing

Cara pertama yakni menguji aplikasi yang akan diluncurkan pada pengguna khusus. Dalam hal ini, pihak Google menyediakan Alpha Beta Testing bagi setiap developer aplikasi. Pasalnya sebagian aplikasi yang dapat menghasilkan uang akan diluncurkan secara resmi di Google Play Store sehingga dapat dinikmati oleh ratusan juta pengguna internet berbasis mobile di seluruh dunia.

yang di maksud betha testing pada aplikasi android
yang di maksud alpha betha testing pada aplikasi android

Sebuah tanda bahwa sebuah aplikasi memiliki kualitas baik adalah jika aplikasi tersebut mendapatkan peringkat dan penilaian tinggi ketika diuji di Alpha Beta Testing. Untuk itu, jangan pernah melewatkan pengujian ini.

  • Menyesuaikan Aplikasi dengan Karakter Pengguna

Cara menghasilkan uang dengan membuat aplikasi selanjutnya yakni menyesuaikan dengan berbagai karakter pengguna. Mengapa? Hal ini karena banyaknya pengguna berbanding lurus dengan besaran penghasilan yang diterima oleh developer. Belum lagi jika pengguna melakukan cash in atau pembelian dalam game.

Oleh karena itu, seorang developer juga harus memikirkan hambatan apa saja yang mungkin dialami oleh pengguna aplikasi tersebut. Contohnya di Indonesia, meskipun banyak sekali pengguna smartphone, namun mayoritas memiliki masalah yang muncul seperti rendahnya kapasitas memori penyimpanan dan koneksi internet yang buruk. Untuk itulah, seorang developer harus meluncurkan sebuah aplikasi yang memiliki ukuran file kecil atau sedang dan tidak mengharuskan pengguna aplikasi untuk mendownload file dalam jumlah besar.

Kamu juga harus baca : 85 Contoh Peluang Usaha Modal kecil Untung Besar Yang Menjanjikan 2018

Anda sendiri pasti berpikir ulang untuk mencoba aplikasi dengan ukuran file besar. Hal ini karena aplikasi dengan ukuran besar kemungkinan membutuhkan ukuran RAM minimal 2 GB agar dapat dijalankan dengan lancar. Padahal mayoritas smartphone yang digunakan oleh orang Indonesia berada pada kelas menengah ke bawah.

  • Menarik Perhatian Banyak Pengguna Aplikasi

Cara selanjutnya yakni menarik perhatian pengguna smartphone agar mendownload aplikasi yang telah diluncurkan tadi. Sekedar informasi, pihak Google sendiri memiliki produk bernama Google Play yang di dalamnya memuat ribuan hingga jutaan aplikasi dari seluruh dunia. Dari situlah Anda dapat melakukan sebuah eksperimen.

Cobalah masuk ke Google Play dan temukan laman khusus yang berisi tentang logo, aplikasi, tangkapan layar, serta penjelasan dari aplikasi itu. Seorang developer yang baik akan memperhatikan seluruh konten yang ada di Google Play dalam rangka melakukan eksperimen terhadap aplikasi yang akan diluncurkan.

Kunci paling penting untuk menarik perhatian pasar adalah dengan membuat sebuah tampilan logo aplikasi yang menarik. Tambahkan pula deskripsi aplikasi yang membuat pengguna penasaran hingga akhirnya mereka mendownload aplikasi tersebut. Jika perlu, tambahkan pula video serta gambar untuk aplikasi agar pengguna dapat lebih memahami bagaimana cara aplikasi itu bekerja.

  • Memanfaatkan Fitur Google Sign In

Bagaimanapun, untuk aplikasi yang diluncurkan di Google Play dapat membantu meningkatkan peringkat aplikasi apabila semakin banyak pengguna yang masuk atau sign in dengan akun google mereka. Pasalnya sebagian besar pengguna aplikasi malas untuk membuat sebuah akun. Dengan adanya Google Sign In, maka dalam sekali klik, pengguna sudah memiliki akun untuk menjalankan aplikasi.

memanfaatkan fitur google sign in untuk aplikasi android
memanfaatkan fitur google sign in untuk aplikasi android

Cara menghasilkan uang dengan membuat aplikasi ini juga telah dilakukan oleh FitBit, sebuah developer aplikasi terkenal. Terbukti, dengan memanfaatkan fitur Google Sign In, terjadi peningkatan pengguna aplikasi hingga 40 persen.

  • Melakukan Promosi yang Baik dan Menarik

Cara selanjutnya yakni promosikan aplikasi tersebut. Gunakan langkah promosi yang baik agar pengguna semakin tertarik menginstal aplikasi. Dalam hal ini, Anda dapat mempromosikan aplikasi tersebut pada layanan-layanan resmi milik Google seperti Youtube dan Google Search.

Cara Menghasilkan Uang dari Aplikasi Android

Agar developer dapat menghasilkan uang dari aplikasi yang mereka ciptakan, maka cara-cara mengonversi pendapatan aplikasi tersebut dapat dilakukan dengan 4 cara. Di antaranya adalah melalui iklan yang terpasang pada aplikasi, Cash In, subscription, ataupun menjual aplikasi dengan harga tertentu. Dalam hal ini, Anda perlu memperhatikan dua hal, yaitu:

  • Memasang Tarif Murah pada Aplikasi

Untuk mendapatkan uang dari pengguna aplikasi, hal penting yang harus Anda perhatikan adalah patokan harga yang dimiliki oleh aplikasi tersebut. Di Google Play Store sendiri, harga minimun untuk penjualan aplikasi secara langsung atau cash in adalah sebesar Rp 3.000 saja.

Meskipun harga tersebut terbilang sangat rendah, namun jika banyak pengguna yang mengeluarkan uang untuk aplikasi, tentu saja pendapatan Anda akan semakin besar. Misalnya terdapat 50.000 pengguna yang melakukan pembelian sebesar Rp 3.000, maka uang yang diperoleh adalah Rp 150.000.000,-

Ini adalah sebuah strategi pemasaran dimana seseorang akan lebih mudah mengeluarkan uang dalam jumlah kecil lebih sering dibandingkan dengan uang dalam nominal besar pada sekali pembelian.

  • Gunakan Sistem Pembayaran Lokal

Saat ini, pihak Google telah menerapkan beberapa sistem pembayaran yang memudahkan para developer aplikasi yakni dengan Paypal, Google Play Gift, serta pemotongan pulsa telepon. Di Indonesia sendiri, sekitar 85% pengguna memanfaatkan fitur pemotongan pulsa telepon untuk membeli aplikasi secara langsung ataupun cash in app. Fitur tersebut sudah diterapkan untuk provider Indosat, Telkomsel, dan XL.

Artikel lainnya : 12 Cara Menghasilkan Uang dari Youtube dengan Menjadi Youtuber 2018

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan demi mengeruk keuntungan dengan memanfaatkan aplikasi pada pasar yang sangat besar seperti Indonesia. Semoga ulasan mengenai cara menghasilkan uang dengan membuat aplikasi di atas bermanfaat bagi Anda.

7 Cara Menghasilkan Uang dengan Membuat Aplikasi Android 2018
5 (100%) 1 vote
Gambar Gravatar
Ulasanbisnis.com merupakan website yang membahas seputar dunia usaha, trend bisnis, solusi keuangan, perbankan, kartu kredit, asuransi dan lainnya.