cara menghasilkan uang dengan cara dropship
cara menghasilkan uang dengan cara dropship

7 Cara Menghasilkan Uang dengan Sistem Dropship 2018

Diposting pada

7 Cara Menghasilkan Uang dengan Sistem Dropship 2018 – Seperti yang kita tahu, ada banyak sekali cara untuk mendulang pundi-pundi uang dari internet, salah satunya adalah dengan sistem dropship. Sekedar informasi, dropship merupakan sebuah metode penjualan jual beli secara online dimana penjual tak memiliki stok barang serta tidak daapt melakukan peroses pengiriman. Dalam sistem dropship, dibutuhkan pihak ketiga sebagai supplier.

Cara menghasilkan uang dengan sistem dropship
Cara menghasilkan uang dengan sistem dropship

Jadi tugas dari dropshiper adalah mempromosikan produk atau jasa dari pihak ketiga untuk menarik customer dalam membeli barang-barang tersebut. Pertanyaannya bagaimana cara mengembangkan bisnis dropship untuk menghasilkan uang dari internet? Untuk itulah, pada kesempatan kali ini akan diulas secara detail agar Anda dapat memanfaatkan internet demi mendapatkan penghasilan dengan sistem dropship.

Cara Menghasilkan Uang dengan Sistem Dropship 2018

 Cara Kerja Sistem Dropship
Cara Kerja Sistem Dropship

Untuk memahami cara menghasilkan uang dengan sistem dropship, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang bagaimana cara kerja sistem dropship secara detail. Secara garis besar, prosesnya adalah seperti ini:

  1. Dropshipper mempromosikan produk dari pihak ketiga, yakni penyedia produk.
  2. Pembeli menghubungi dropshipper untuk membeli produk yang ditawarkan. Umunya pembeli harus mentrasfer uang terlebih dahulu pada pihak dropshipper.
  3. Dropshipper meneruskan pesanan pembeli kepada supplier. Di sini, dropshipper mengirimkan uang sejumlah produk yang dipatok oleh supplier. Dropshipper juga memberikan detail ke mana pengiriman barang pesanan akan dilakukan.
  4. Supplier mengirimkan barang kepada pembeli.

Itulah bagaimana cara kerja sistem dropship berjalan. Lantas berapa besaran gaji atau pendapatan yang diterima oleh dropshipper? Biasanya keuntungan dapat berupa bonus dari supplier ataupun selisih harga produk yang dipasarkan.

Yang lain juga membaca : 6 Contoh Usaha Kecil Kecilan Di Rumah Untuk Ibu Rumah Tangga

Contohnya, supplier menyediakan produk berupa jam tangan dengan harga Rp 100.000. Setelah itu, dropshipper menawarkan barang tersebut pada orang lain dengan harga Rp 130.000. Apabila terdapat pembeli produk jam tangan tersebut, maka penghasilan langsung yang diterima oleh dropshipper adalah Rp 30.000. Keuntungan tersebut belum termasuk dari bonus yang disediakan oleh supplier. Inilah mengapa sistem dropship cukup menarik untuk dilakukan.

Langkah Jitu Mendapat Penghasilan dengan Sistem Dropship

Setelah mengetahui tentang cara kerja dropship, kini saatnya mengulas cara menghasilkan uang dengan sistem dropship yang dapat Anda lakukan. Beberapa caranya adalah sebagai berikut:

Menentukan Produk yang Ingin Dijual

Mungkin ini adalah langkah pertama yang banyak membuat orang bingung. Mengapa? Hal ini karena seorang dropshipper harus memilih produk yang memiliki peluang besar untuk dijual. Dalam hal ini, terdapat beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Di antaranya adalah:

  • Jangan Menjual Banyak Produk

Untuk dropshipper dalam skala kecil menengah, sebaiknya fokus dalam menjual 1 produk saja. Hal ini agar Anda dapat menghasilkan pendapatan secara maksimal dari sistem dropship tersebut.

  • Pertimbangkan Kompetitor

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah banyaknya kompetitor yang juga bergerak dalam menjual produk tersebut. Dalam hal ini Anda tentu harus memahami sistem pasar yakni semakin sedikit kompetitor, maka semakin besar pula kesempatan dan peluang untuk menjual sebuah produk tertentu.

  • Memilih Produk Sustainable

Sangat disarankan bagi semua dropshipper dalam memilih barang yang sustainable atau tahan banting. Dengan kata lain, produk yang ingin Anda jual tidak memiliki sifat sementara dan musiman. Contohnya adalah ornamen natal, batu akik, dan sebagainya. Oleh karena itu, Anda dapat memilih produk seperti jam tangan, pakaian fashion pria dan wanita, sepatu, dan lain sebagainya.

Menentukan Target Pasar

Cara yang kedua adalah menentukan target pasar Anda dalam penjualan produk tersebut. Anda dapat mencari buyer personal dilihat dari usia, hobi, jenis kelamin, dan faktor lainnya demi menentukan pendekatan promosi seperti apa yang dapat dilakukan.

Melakukan Analisis terhadap Kompetitor

Kompetitor mejadi hal lain yang perlu Anda pertimbangkan ketika ingin menjalankan sistem dropship. Sebenarnya tak hanya sistem dropship saja, semua sistem pasar juga harus mempertimbangkan seberapa sulit tingkatan persaingan dengan kompetitior produk serupa.

Bahkan untuk Anda yang menjalankan sistem dropship sekala kecil menengah pun, tak boleh menyepelekan kompetitor. Pelajarilah bagaimana mereka melakukan pemasaran serta carilah kelemahan sistem yang diterapkan oleh kompetitor. Sempurnakan hal tersebut dan terapkan pada sistem dropship Anda agar dapat menjaring lebih banyak pembeli.

Mencari Supplier

Setelah Anda sudah yakin dengan produk, target pasar, serta kondisi persaingan dengan kompetitor, maka cara menghasilkan uang dengan sistem dropship yang selanjutnya adalah mencari supplier atau pemasok. Di sini, Anda dapat mencari supplier yang menerapkan harga bersaing serta memiliki kualitas produk yang baik. Hal tersebut agar Anda dapat memperoleh keuntungan yang lebih banyak dari selisih penjualan produk.

 

Ada beberapa syarat dalam mencari supplier yang baik. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Fast Respon. Cepat atau tidaknya respon supplier menentukan kesuksesan sistem dropship yang dijalankan.
  • Harga Produk Murah. Seperti yang dijelaskan di atas, harga produk yang murah dapat menjadi pertimbangan sendiri dalam memilih supplier. Jadi Anda dapat mengkomparasikan sebuah produk yang sama dengan beberapa supplier untuk memperoleh barang paling murah.
  • Memiliki Komisi yang Jelas. Anda dapat mencari dropshipper yang dapat memberikan komisi jelas terkait produk yang berhasil Anda jual. Di samping itu, supplier yang baik adalah mereka yang memberikan harga khusus untuk drosphipper.
  • Stock Barang. Anda juga harus mempertimbangkan apakah supplier benar-benar memiliki stok barang yang melimpah dan selalu ready stock. Hal tersebut akan memudahkan dropshipper jika ada pembeli yang tertarik dari pada sebuah produk sehingga tidak perlu menunggu lama hingga produk itu dikirim ke penjual.

Menentukan Identitas Brand

Sekedar informasi, brand itu bukan sekedar nama, desain, ataupun logo. Secara sederhana, brand juga dapat diidentifikasi dari pengalaman pelanggan saat membeli atau melakukan kegiatan bisnis dari sebuah perusahaan dan pelaku bisnis.

Untuk membangun dan menentukan identitas brand dropship yang Anda lakukan, maka berikan pengalaman menarik pada konsumen selama memesan barang dagangan pada Anda. Berikan emosi, gaya, serta nilai tersendiri pada pelanggan yang membedakan brand dropship Anda dibandingkan brand yang lainnya.

Artikel lainnya : 85 Contoh Peluang Usaha Modal kecil Untung Besar Yang Menjanjikan 2018

Di samping itu, siapkan dan tentukan pula nama brand yang tepat untuk sistem dropship yang Anda jalankan. Nama brand bertujuan agar para pelanggan lebih mudah mengingat brand tersebut sehingga pelanggan dapat segera mengidentifikasi bagaimana kualitas produk serta pelayanan yang diberikan oleh sistem tersebut.

Dalam hal ini, gunakan nama brand yang tidak pasaran. Sebaiknya Anda menggunakan nama-nama unik terkait brand yang Anda berikan pada sistem dropship online. Nama yang masih belum dipakai oleh perusahaan atau pelaku bisnis yang lain dianggap paling tepat untuk digunakan.

Memilih Media Promosi yang Tepat

Langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah memilih sebuah media yang tepat untuk mempromosikan produk dropship yang Anda jalankan. Untuk itu, Anda dapat memilih beberapa media seperti website atau blog, media sosial, dan lain sebagainya.

Jika sudah mendapatkan media yang tepat, maka Anda harus masive dalam melakukan promosi terhadap produk drosphip. Kunci penting yang harus diperhatikan di sini adalah fokus. Dengan fokus dalam mempromosikan produk ataupun jasa dropship, maka kesuksesan akan menghampiri Anda.

Itulah beberapa cara menghasilkan uang dengan sistem dropship yang dapat Anda lakukan, semoga bermanfaat.

7 Cara Menghasilkan Uang dengan Sistem Dropship 2018
5 (100%) 1 vote
Gambar Gravatar
Ulasanbisnis.com merupakan website yang membahas seputar dunia usaha, trend bisnis, solusi keuangan, perbankan, kartu kredit, asuransi dan lainnya.