Dasar Hukum Asuransi di Indonesia (Sumber Hukum Asuransi)

Diposting pada

Dasar Hukum Asuransi di Indonesia (Sumber Hukum Asuransi) – Meskipun asuransi tampak seperti suatu produk yang cukup sederhana dan juga sedikit membingungkan pada saat yang sama, Anda akan menemukan bahwa masing-masing jenis perlindungan jiwa dan kesehatan sendiri ditawarkan dengan beberapa pilihan produk terbaik yang hanya bisa Anda dapatkan melalui beberapa perusahaan-perusahaan yang sudah mengetahui mengenai produk-produk perlindungan jiwa dan kesehatan yang bisa ditawarkan di setiap negara.

Semakin populernya istilah asuransi sendiri tak lepas dari kesadaran masyarakat yang mulai meningkat mengenai apa saja yang harus Anda ketahui mengenai beberapa produk perlindungan yang ada di Indonesia.

Banyak faktor yang membuat asuransi menjadi salah satu hal penting yang sudah mulai banyak diketahui oleh beberapa orang yang ingin mendapatkan keuntungan dari penerapan perlindungan untuk melindungi Anda dari beberapa hal penting di mana salah satunya adalah mengenai apakah produk perlindungan untuk jiwa, kesehatan atau property Anda adalah produk yang tepat untuk Anda.

Dasar Hukum Asuransi di Indonesia
Dasar Hukum Asuransi di Indonesia

Tentu saja penting bagi kita semua untuk lebih mengetahui mengenai produk-produk apa saja yang bisa kita temukan di antara beberapa produk terbaik yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan asuransi tersebut.

Selain mengenali produk-produk yang ditawarkan oleh masing-masing perusahaan tersebut, Anda juga harus mengetahui lebih banyak mengenai apa saja yang bisa Anda dapatkan dari beberapa pilihan produk perlindungan yang ditawarkan oleh masing-masing perusahaan baik beberapa perusahaan perbankan nasional maupun perusahaan-perusahaan yang memang sudah berpengalaman di bidang ini selama bertahun-tahun dan mengetahui mengenai apa saja yang akan dan bisa Anda dapatkan dari masing-masing produk yang ditawarkan.

Berbagai faktor yang memicu pertumbuhan asuransi di Indonesia. Jika Anda ingin mendapatkan salah satu keuntungan yang serupa mengenai asuransi dan beberapa produk yang bisa Anda dapatkan di Indonesia, beberapa informasi berikut ini akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan seperti jaminan masa depan untuk Anda dan juga orang-orang yang Anda kasihi.

Semakin banyaknya jumlah masyarakat di Indonesia yang sudah memiliki pendidikan yang cukup tinggi juga membuat semakin banyak masyarakat yang sudah menyadari akan pentingnya asuransi yang bisa Anda dapatkan di antara beberapa program asuransi yang ada di Indonesia. Seperti yang akan dibahas lebih lanjut berikut ini, Anda akan menemukan beberapa dasar hukum yang harus Anda pahami sebelum Anda memilih salah satu jenis asuransi yang ada di Indonesia.

Dasar Hukum Asuransi Di Indonesia

Beberapa hal berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus Anda ketahui mengenai perlindungan jiwa, kesehatan dan juga property Anda yang diatur secara khusus oleh beberapa peraturan di Indonesia. Dengan setidaknya mengetahui peraturan apa saja yang menjadi dasar diberikannya asuransi bagi Anda, maka Anda mengetahui apa saja yang menjadi hak dan kewajiban Anda.

Dengan mengetahui hal ini, maka Anda pun bisa bertindak lebih cerdas jika sewaktu-waktu Anda mengalami permasalahan dengan pihak asuransi. Untuk mengenai lebih lanjut mengenai beberapa dasar hukum mengenai asuransi sendiri, berikut adalah informasi lebih lengkap yang bisa Anda dapatkan saat ini.

  • KUHP Pasal 1320 dan Juga Pasal 1774

Untuk peraturan atau dasar hukum yang cukup penting dan harus Anda ketahui sendiri adalah dasar hukum yang akan mengatur mengenai perlindungan jiwa seperti yang tertera di atas. Dalam peraturan tersebut, dinyatakan bahwa asuransi adalah suatu perjanjian antara dua pihak atau lebih di mana perjanjian tersebut dikategorikan sebagai perjanjian yang mengikat antara masing-masing pihak yang disebut sebagai penanggung dan tertanggung. Untuk masing-masing pihak memiliki hak dan kewajiban yang harus dilakukan karena hal ini sendiri sesuai yang tertera pada UU.

Kamu juga harus tau : Perbedaan Asuransi Syariah Dan Asuransi Konvensional

Sebelum berbicara lebih lanjut mengenai dasar hukum yang mengatur mengenai produk-produk perlindungan diri tersebut, kita harus mengetahui bahwa setiap perjanjian ini sendiri mendapatkan beberapa informasi penting yang harus kita ketahui di man setiap perjanjian sendiri memiliki ikatan hukum bahkan untuk produk perlindungan diri ini sendiri dijelaskan secara lebih rinci pada  beberapa pasal pada Kitab Undang-Undang Hukum Pidana untuk pasal 1320 dan juga 1774.

Untuk ketentuan yang tartera pada pasal 1320 pada KUHP sendiri menyebutkan mengenai persyaratan akan keabsahan suatu perjanjian yang dianggap benar-benar sah apabila memiliki beberapa unsur seperti adanya kesepakatan untuk saling mengikatkan diri, adanya poko persoalan, adanya kecakapan dalam membuat suatu perikatan, dan juga adanya suatu sebab yang tidak terlarang.

Dasar Hukum Asuransi
Dasar Hukum Asuransi

Inilah hal penting yang harus Anda ketahui mengenai beberapa produk asuransi yang diatur oleh beberapa peraturan. Selain pasal 1320 sendiri, kita akan menemukan bahwa untuk jenis perlindungan ini sendiri diatur pada pasal 1774.

Di sana dicantumkan mengenai suatu persetujuan mengenai untung-untungan di mana dari suatu perjanjian atau hubungan kerja sama yang menghasilkan keuntungan sendiri harus diatur secara proporsional dan sesuai dengan isi perjanjian yang telah dibuat. Mengapa pasal ini juga menjadi salah satu poin penting pada perlindungan diri adalah karena untuk hubungan perjanjian untuk perlindungan ini adalah suatu hubungan yang akan menguntungkan pihak tertanggung dan dalam hal tertentu juga menguntungkan bagi sang penanggung dengan ketentuan khusus.

  • UU No. 2 Tahun 1992

Jika peraturan seperti yang tertera pada Kitab Undang-Undang Hukum Pidana masih kurang meyakinkan, maka Anda bisa mengacu ke UU No. 2 Tahun 1992 ini untuk melihat mengenai ketentuan mengenai asuransi. Untuk dasar hukum ini sendiri adalah salah satu dasar yang paling kuat untuk mengatur perlindungan ini.

UU ini sendiri sebenarnya adalah salah satu dasar hukum yang paling kuat di antara beberapa dasar hukum lainnya. Jika Anda ingin mengacu pada dasar hukum yang memiliki kekuatan hukum yang cukup signifikan, maka dasar hukum yang bisa kita temukan dari UU ini adalah salah satu hal penting yang harus kita referensikan pada setiap produk asuransi yang akan pilih.

Untuk mendapatkan salah satu produk asuransi yang tepat, hal penting yang harus Anda ketahui mengenai salah satu produk asuransi adalah bahwa Anda harus memilih salah satu jenis asuransi terbaik yang bisa Anda dapatkan saat ini di mana untuk masing-masing produk yang bisa Anda dapatkan saat ini adalah produk-produk terbaik yang bisa Anda temukan di Indonesia. Melalui UU ini juga Anda akan menemukan bahwa dasar yang lebih kuat dari UU ini sendiri adalah Pancasila dan juga UUD 1945.

Di mana untuk jenis perlindungan ini sendiri diatur dan memang disebutkan secara khusus sebagai salah satu upaya untuk menanggulangi resiko yang mungkin terjadi karena sebab-sebab tertentu dan negara dalam hal ini memberikan kesempatan bagi kegiatan usaha yang berkaitan dengan pemberian fasilitas perlindungan jiwa, kesehatan dan perlindungan atas property apapun.

Satu hal penting yang harus Anda ketahui mengenai hal ini adalah bahwa setiap kegiatan usaha yang berkaitan dengan hal ini sendiri harus dilakukan secara sehat dan juga bertanggung jawab. Selain beberapa ketentuan yang disebutkan di atas, kita juga harus mengetahui bahwa untuk kegiatan asuransi ini sendiri diatur secara spesifik untuk bisa mewujudkan keadilan untuk bersama.

Selain itu masih ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui untuk benar-benar memastikan apakah produk perlindungan diri yang Anda pilih sudah sesuai dengan ketentuan terutama sesuai dengan ketentuan UU No.2 Tahun 1992.

Beberapa hal yang diatur dalam suatu kegiatan pemberian perlindungan jiwa, kesehatan atau property meliputi bidang usaha, jenis usaha, ruang lingkup dari usaha perusahaan tersebut, bentuk hukum dari badan usaha, kepemilikan perusahaan, perizinian usaha, penutupan dari objek asuransi, ketentuan pidana dan juga pembinaan dan pengawasan yang dilakukan terhadap kegiatan asuransi tersebut.

Beberapa hal tersebut di atas menjadi salah satu hal penting dan utama yang harus Anda ketahui jika Anda ingin mendapatkan salah satu keuntungan dari salah satu perusahaan yang memang sudah mengikuti setiap peraturan yang berlaku sehingga tidak ada suatu cacat hukum yang akan menjadi kendala terhadap setiap permasalahan yang timbul.

  • Kitab Undang-Undang Hukum Dagang Bab 9

Untuk dasar hukum lainnya selain beberapa peraturan yang sudah disebutkan di atas, Anda juga akan menemukan beberapa dasar hukum lainnya yang akan mengatur jasa pemberian asuransi ini.

Masing-masing badan usaha yang bergerak di bidang ini harus memiliki dasar yang kuat agar masing-masing pihak dapat berpegang pada setiap dasar hukum yang ada untuk memastikan bahwa Anda akan mendapatkan keuntungan dari produk perlindungan jiwa, kesehatan ataupun perlindungan property yang Anda ikuti dari perusahaan tertentu.

Lebih lanjut mengenai peraturan yang tertera pada KUHD ini sendiri adalah bahwa produk perlindungan jiwa ataupun kesehatan yang diatur pada pasal 246-286 sendiri adalah bahwa suatu pertanggungan yang juga dikenal dengan istilah asuransi adalah suatu bentuk perjanjian di mana pada perjanjian tersebut terdapat beberapa pihak yang saling mengikatkan dirinya dalam hal ini penanggung mengikatkan diri terhadap tertanggung.

Kamu harus baca juga : Jenis Asuransi Kerugian Di Indonesia

Hal ini dijelaskan lebih lanjut di mana Anda untuk melengkapinya akan dibutuhkan pembayaran premi untuk nantinya sang penanggung akan memberikan ganti rugi atas suatu kerugian tertentu seuai dengan yang disepakati pada perjanjian tertentu. Dari dasar hukum di atas, maka Anda juga akan melihat bagaimana setiap ketentuan yang tertera pada KUHD bab 9 ini cukup mirip dengan UU No. 2 Tahun 1992.

Pada KUHD bab 9 tersebut juga akan dijelaskan mengenai batas maksimal dari pemberian pertanggungan, prosedur dari proses pertanggungan, dan juga penyebab dari batalnya suatu proses pertanggungan dan beberapa hal lainnya dari suatu asuransi.

  • PP No. 63 Tahun 1999

Selain itu masih ada beberapa dasar hukum lainnya yang diatur oleh peraturan lainnya seperti PP No. 63 Tahun 1999 mengenai asuransi. Anda juga akan menemukan bahwa untuk masing-masing peraturan juga saling melengkapi atau saling menguatkan setiap ketentuan yang sudah disebutkan pada peraturan atau dasar hukum yang sebelumnya sudah ada. Untuk PP No. 63 ini sendiri juga mengatur mengenai dasar-dasar penyelenggaran asuransi yang bisa Anda dapatkan dari beberapa perusahaan yang ada saat ini.

selain itu beberapa pasal yang ada pada UU ini juga sudah sedikit berbeda dari beberapa ketentuan yang sudah Anda temukan sebelumnya di mana untuk dasar hukum Peraturan Pemerintah ini sendiri Anda akan mendapatkan beberapa hal yang harus Anda ketahui termasuk beberapa hal seperti kondisi dari suatu perkembangan perekonomian suatu negara yang menjadi pertimbangan adanya peraturan untuk asuransi.

Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Asuransi#Dasar_hukum

Dasar Hukum Asuransi di Indonesia (Sumber Hukum Asuransi)
5 (100%) 2 votes
Gambar Gravatar
Ulasanbisnis.com merupakan website yang membahas seputar dunia usaha, trend bisnis, solusi keuangan, perbankan, kartu kredit, asuransi dan lainnya.