Penjelasan Lengkap Perbedaan Kartu Kredit dengan Kartu Debit

Diposting pada

Perbedaan Kartu Kredit dengan Kartu Debit – Seperti yang telah kita ketahui, definisi dari kartu debit adalah kartu yang diterbitkan bank untuk para nasabahnya yang akan membuka rekening tabungan, kartu ini sering disebut kartu ATM karena memang fungsinya digunakan untuk menarik tunai atau transfer uang pada mesin ATM. Sedangkan untuk kartu kredit yakni, suatu kartu yang berfungsi untuk meminjam uang ke bank penerbit dengan batas tertentu perbulannya, namun jangan lupa untuk dibayar sebelum waktu jatuh tempo datang. Maka bila sampai telat membayar, pastinya akan dikenakan denda yang ditetapkan oleh bank penerbit. Kedua jenis dari kartu kredit maupun kartu debit ini sama-sama diterbitkan langsung oleh bank, maka untuk penggunaannya pun harus mengikuti ketentuan yang berlaku pada bank yang menerbitkannya.

Perbedaan Kartu Kredit dengan Kartu Debit
Perbedaan Kartu Kredit dengan Kartu Debit

Selain adanya Perbedaan Kartu Kredit dengan Kartu Debit namun kedua kartu ini tetap memiliki kesamaan yang terletak pada PIN dan tanda tangan disaat akan melakukan transaksi di merchant tertentu, serta dapat pula melakukan tarik tunai. Tetapi, tahukah Anda perbedaan dari kedua kartu ini yang paling bisa terlihat? Berikut akan dibahas beberapa perbedaan antara kartu kredit dan kartu debit yang akan dijelaskan, yaitu yang pertama terlihat dari manfaatnya. Kedua kartu ini memang begitu simpel dan sangat mudah dibawa-bawa ketika berbelanja. Sehingga kedua kartu ini sama-sama berfungsi sebagai kartu pembayaran elektronik.

Perbedaan Kartu Kredit dengan Kartu Debit

Perbedaan Dari Cara Penggunaan

Perbedaan dari Cara Penggunaan

1. Kartu Debit

Untuk kartu debit sendiri, merupakan kartu yang langsung mengurangi jumlah uang tabungan kita saat kita pergi berbelanja. Sehingga jika kita bertransaksi menggunakan kartu ini, maka harus siap-siap untuk mencari ATM terdekat yang tersedia dimanapun, serta menggesek langsung kartu kredit untuk mengambil uang dari rekening tabungan saat akan transfer belanja online. Namun kini adapun aplikasi transfer uang yang terdapat di Android, maka akan lebih mudah juga, bukan? Tetapi dengan kartu debit ini, pastinya Anda tidak bisa bertransaksi melebihi nominal saldo rekening yang Anda miliki.

Lalu kartu debit ini pun sebenarnya bisa juga digunakan saat akan berbelanja langsung, hanya dengan cara menggesekan kartu pada mesin EDC di setiap tempat yang tersedia, seperti supermarket, departement store, toko, salon dan restaurant tertentu yang menyediakan. Penggunaan dari kartu debit ini memang terasa lebih tenang, karena tidak akan ada bunga ataupun denda, serta tidak ada cicilan bulanan pula karena belanja akan langsung dibayar lunas dari tabungan Anda sendiri. Lalu tidak akan ada hutang, bisa transaksi dalam jumlah yang besar sekalipun selama tidak melebihi saldo tabungan yang dimilki, dan lebih mudah mendapatkan uang tunai karena tidak akan dikenakan bunga dari bank.

2. Kartu Kredit

Sedangkan kartu kredit memiliki manfaat yang berbeda, yakni lebih memberikan kemudahan saat akan berbelanja online. Dewasa ini, begitu maraknya situs e-commerce dengan penawaran berbagai macam produk yang bisa diakses melalui komputer maupun smarthphone. Sehingga para pemilik kartu kredit pun semakin dimudahkan, disebabkan situs belanja online memang benar-benar menyediakan fasilitas pembayaran melalui kartu kredit. Yang kedua, banyak sekali promo-promo yang akan ditawarkan.

Hal ini dikarenakan, setiap bank yang menerbitkan kartu kredit memang biasanya akan memberikan promo ataupun diskon belanja dengan bekerja sama pada pihak merchant untuk fasilitas para nasabahnya. Adapun hal lainnya, Anda akan dapat juga kesempatan untuk mendapatkan reward dari penerbit kartu kredit, baik itu berupa cashback, poin sampai dengan hadiah secara langsung. Yang selanjutnya, Anda juga akan lebih mudah bertransaksi di luar negeri sekalipun. Sebab membawa uang tunai, memang akan berisiko lebih besar untuk hilang maupun habis. Maka kartu kredit merupakan salah satu solusi untuk lebih mudah dan aman dalam menjaga kondisi keuangan Anda.

Berikutnya, belanja dengan kartu kredit dapat dibayar belakangan. Mengapa begitu? Karena setiap akan bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit, maka akan dibayarkan pada tagihan yang berikutnya. Yang perlu diingat adalah pembayaran yang harus lunas tepat waktu, dengan itu maka Anda pun akan bebas dari bunga. Sedangkan untuk yang membayar dengan cara mencicil, Anda pun mempunyai kesempatan pula mendapatkan cicilan tanpa bunga atau 0%, tetapi biasanya fasilitas ini hanya untuk beberapa layanan kartu kredit tertentu saja.

Manfaat Kartu Kredit

Kartu Kredit

Kartu kredit dapat berfungsi untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan yang mendadak. Jadi misalnya, bila Anda sedang berada dalam kondisi membutuhkan uang secara cepat dan tiba-tiba, kartu kredit inilah yang merupakan salah satu jalan solusi untuk mendapatkan dana guna membayar kebutuhan yang tak terduga secara sementara. Selanjutnya, Anda pun tinggal membayarnya dengan cara mencicil secara teratur.

Lalu manfaat berikutnya, kartu kredit ini memudahkan Anda dalam membayar semua tagihan yang ada. Anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan pembayaran listrik, telepon, asuransi dan lain-lain di setiap bulannya. Sebab dengan mendaftarkan semua tagihan itu dalam kartu kredit Anda, maka Anda pun dapat langsung membayar setiap kali tagihan yang datang. Nah, kartu kredit ini pun disertakan keamanan yang ketat dari penyalahgunaan, jadi Anda tidak perlu mengkhawatirkan kartu kredit Anda bila hilang ataupun kecurian. Sebab uang Anda tidak mungkin langsung hilang begitu saja, karena kartu kredit ini bisa langsung di lacak serta diblokir langsung.

Pengajuan Kartu Kredit : Syarat, Keuntungan dan Cara Membuat Kartu Kredit BRI 2018

Manfaat Kartu Debit

Kartu Debit

Untuk kartu debit, memang sedikit lebih rentan untuk disalahgunakan. Karena jika tak segera dilakukannya pemblokiran, maka tabungan Anda bisa habis tak tersisa. Manfaat kartu kredit yang lainnya adalah memudahkan Anda dalam melakukan kontrol pengeluaran. Jadi nantinya setiap bulan Anda akan menerima tagihan atau statement, nah di dalam lembar tagihan itulah terdapat rincian-rincian transaksi yang bisa Anda lihat dan renungi apa saja yang kamu beli selama ini. Daripada harus mengawang-awang ataupun menyimpan struk dan menuliskan pengeluaran didalam buku, lebih baik Anda melihat langsung pada statement dan mengendalikan pengeluaran yang terjadi, maka akan terasa lebih praktis dan mudah. Namun jangan sampai terjadi hal-hal yang tak diinginkan, seperti ceroboh dan kebobolan. Karena merasa praktis terkadang orang menyepelekan, lalu sembarangan untuk menggesek sana sini yang akhirnya akan merugikan diri sendiri. Ingat, semua ini harus di gunakan sesuai dengan budget yang dimiliki.

Kekurangan Kartu Kredit dan Kartu Debit

Perbedaan Kartu Kredit dengan Kartu Debit berikutnya, terletak pada kekurangan antara kartu kredit dan kartu debit. Walaupun memang banyak manfaatnya, dalam kenyataan kartu kredit dan kartu debit ini pun memiliki kekurangannya. Kekurangan ini perlu Anda ketahui supaya bisa mencegah kerugian yang terjadi dikemudian hari.

1. Kekurangan Kartu Debit

Mengenai kekurangan dari kartu debit, yakni :

  • Akan rentan pada penyalahgunaan apabila hilang atau dicuri, maka lakukanlah tindakan cepat untuk memblokir kartu saat setelah kehilangan.
  • Minimnya penawaran atau promo dari bank penerbit kartu debit tersebut, serta minimnya pula kerja sama dengan merchant tertentu.
  • Kekurangan yang terletak pada saldo, hal ini dikarenakan Anda tidak akan bisa berbelanja ataupun bertransaksi melebihi nominal uang yang ada dalam saldo Anda. Inilah yang nantinya akan sangat terasa kurangnya manfaat dari kartu debit, karena kadang Anda akan membutuhkan dana besar untuk kebutuhan yang mendadak. Contohnya seperti pembayaran tagihan rumah sakit yang memiliki nominal cukup besar, dan lain sebagainya.

2. Kekurangan kartu Kredit

Sedangkan untuk kekurangan pada kartu kredit, yaitu : 

  • Terletak pada deadline. Batas waktu atau deadline pada pembayaran tagihan kartu kredit ini tidak boleh dilewati. Bila Anda telat membayarnya, maka terdapat bunga yang wajib dibayarkan, dan bunga tersebut pun dapat terus bertambah.
  • Kekurangan yang kedua terlihat pada rentannya kejahatan perbankan, karena selain kartu kredit, terkadang akan terdapat kejahatan yang sama pada kartu kredit pula. Karena semakin berkembangnya jaman, semakin seringnya terjadi kejahatan pula, kini pun banyak sekali modus-modus orang yang licik untuk mengambil keuntungan.
  • Kekurangan yang ketiga, sulitnya saat membutuhkan uang tunai. Karena saat akan menarik uang pada mesin ATM dengan menggunakan kartu kredit, biasanya akan diberikan bunga yang lebih tinggi dari bunga kartu kredit milik Anda.

Dari kekurangan diatas, maka kita dapat belajar untuk lebih pandai dalam menggunakan serta memanfaatkan kartu kredit dan kartu debit secara bijak. Jangan lupa untuk terus berhati-hati dan waspada pada kejahatan perbankan yang kini masih terus ada. Maka berikut ini akan dibahas kejahatan-kejahatan yang bisa saja dilakukan antara kartu debit dan kartu kredit. Dengan mengetahui hal ini, diharapkan Anda akan semakin waspada dan menjaga kartu debit serta kartu kredit yang kini Anda miliki.

Modus Kejahatan yang biasa di alami pengguna Kartu Debit

Modus Kejahatan yang biasa di alami pengguna Kartu Debit

Mengenai kejahatan yang biasanya terjadi pada kartu debit. Memang untuk penggunaan kartu debit ini biasanya hanya sebatas di dalam negeri, tapi jangan meremehkan soal keamanan. Karena meskipun begitu, tingkat kejahatan ini tak kalah canggih dengan kejahatan pada kartu kredit. Pertama-tama dimulai dari pemalsuan kartu debit atau ATM, disini sang pelaku pun akan membuat kartu ATM palsu lengkap dengan magnetic stripe yang sudah terisikan rekaman data dari kartu yang telah dipalsukan pelaku kejahatan perbankan. Selain itu, memalsukan kartu si pelaku ini juga dapat mengetahui nomor PIN dari kartu yang telah digandakannya. Lalu bagaimana kah cara pelaku kejahatan tersebut untuk bisa membobol PIN ATM sang pemilik kartu? Nah, dari sinilah dimulai modus-modus sang pelaku.

Modus yang pertama, si pelaku bisa mengintip calon korbannya melalui belakang antrian, terutama lewat bahu sang korban yang sedang melakukan transaksi di mesin ATM. Modus tadi biasanya sering terjadi di lokasi ATM yang terbuka, seperti mall, dan sebagainya.

Selanjutnya untuk modus yang kedua, biasanya si pelaku akan memasang sebuah kamera kecil (spycamera) dan card reader di mesin-mesin ATM yang berfungsi untuk merekam data dari magnetic stripe di kartu ATM korban. Kemudian kamera yang kecil dan tersembunyi ini digunakan untuk mengintip ataupun merekam nomor PIN sang korban disaat korban sedang menggunakan keypad ATM tanpa menyadari hal tersebut. Namun kini modus kejahatan tersebut telah diantisipasi dengan cara memasang penutup keypad pada setiap mesin ATM.

Yang terakhir, modus ini adalah modus yang disertai kerja sama dengan oknum pegawai bank dengan cara membuat kartu ATM fiktif dari nomor rekening nasabah yang tidak menginginkan kartu ATM. Nah, biasanya nasabah ini jarang sekali bertransaksi sehingga tidak mengetahui bila rekeningnya telah diambil perampok digital.

Modus Kejahatan yang biasa di alami pengguna Kartu Kredit

Sedangkan untuk kejahatan pada kartu kredit memang akan lebih terlihat canggih serta kompleks, sebab lebih memiliki jaringan yang luas. Teknik yang dilakukan, termasuk dengan peralatan sampai bahan baku pembuat kartu palsu ini, dijaringan tersebut memang sudah sama-sama saling bertukar informasi dan jual beli. Untuk bahan bakunya sendiri, sampai-sampai mereka bisa mempunyai mesin pembuat kartu yang disebut dengan mesin encodingenconding data yang terletak di magnetic stripe pada kartu yang sesuai dengan data yang sudah terekam di kartu asli sang korban. Berikut akan diterangkan rincian modus yang terjadi.

Yang pertama, dengan memakai cara atau strategi skimming. Pengertian dari cara skimming adalah merekam secara elektronik data pada magnetic stripe, pencurian data ini pun sering sekali dilakukan para pelaku-pelaku kejahatan yang digunakan untuk mencuri nomor dan data dari kartu kredit asli yang sedang menitipkan skimming itu di toko, restaurant, hotel, dan tempat-tempat lainnya yang menyediakan pembayaran secara gesek. Hal ini terjadi dengan menyembunyikan skimmer di bawah meja serta melakukan dua kali penggesekan tanpa diketahui sang pemilik kartu tersebut.

Kemudian untuk cara lain, yang kedua yaitu dengan memasang sejenis CHIP yang diletakkan di terminal POS (Point Of Sale) yakni suatu alat gesek kartu kredit yang berfungsi untuk pembayaran pada toko, hotel, restaurant, supermarket dan lain-lain. Yang direkam dibagian ini adalah informasi dari CVV (Card Verification Value) yang memiliki tiga digit angka, biasanya digunakan untuk pengaman pada suatu kartu kredit.

Kamu Cocok Pakai Kartu yang mana?

Kamu Cocok Pakai Kartu yang mana?

Kedua karakteristik kartu tersebut memang berbeda, bukan? Untuk penggunaannya sendiri  memang tergantung pada kebutuhan sang pengguna. Jika Anda sudah mengerti dan paham betul mengenai sistem pengaturan dan konsekuensi yang ada, serta segala hal mengenai persyaratan gaji dan lainnya sudah terpenuhi, maka mungkin pemilihan yang tepat untuk Anda adalah kartu kredit.

Sedangkan untuk kartu debit kemungkinan akan lebih cocok untuk Anda yang menyukai dan membutuhkan pengaturan keuangan yang terasa praktis dan tanpa konsekuensi berutang maupun bunga bank yang tersedia. Dari keterangan perbedaan-perbedaan yang telah dijelaskan diatas tadi, dapat disimpulkan bahwa kartu debit dan kartu kredit memang berbeda.

Kamu Harus Baca : Cara Membuat Kartu Kredit Mandiri Terbaru 2018

Dari mulai proses pembuatannya, biasanya kartu kredit yang dapat langsung membuatnya melalui bank, melalui online ataupun pihak ketiga. Sehingga pengguna tak perlu memiliki rekening bank tersebut. Sedangkan untuk kartu debit, pengguna haruslah terlebih dahulu membuat rekening bank. Maka setelah mempunyai nomor rekening, fasilitas dari kartu debit pun dapat langsung digunakan.

Serta pada tingkat keamanannya, keduanya memang mempunyai tingkat risiko keamanan yang hampir sama dan tak terlalu jauh berbeda. Untuk kartu kredit, apabila dulunya hanya diperlukan tanda tangan guna pencairan dana, kini sudah dibarengi dengan nomor PIN pula. Maka keamanan akan lebih meningkat, sama halnya dengan kartu debit yang menggunakan PIN. Tetapi karena pengguna dari kartu debit ini terasa lebih banyak dibanding kartu kredit, maka keamanannya lebih berisiko. Karena para pelaku kejahatan memang lebih banyak mengincar kartu tersebut.

Sekian beberapa penjelasan mengenai Perbedaan Kartu Kredit dengan Kartu Debit yang telah dijelaskan diatas. Hal ini dapat digunakan sebagai referensi Anda yang sedang mencari informasi mengenai hal tersebut. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Penjelasan Lengkap Perbedaan Kartu Kredit dengan Kartu Debit
5 (100%) 2 votes

Gambar Gravatar
Ulasanbisnis.com merupakan website yang membahas seputar dunia usaha, trend bisnis, solusi keuangan, perbankan, kartu kredit, asuransi dan lainnya.