Syarat dan Cara Mudah Mengajukan Pinjaman BPJS Ketenagakerjaan

Diposting pada

Syarat dan Cara Mudah Mengajukan Pinjaman BPJS Ketenagakerjaan – Banyak orang yang mungkin sudah cukup familiar dengan BPJS Ketenagakerjaan sebagai lembaga asuransi, namun ternyata masih banyak keuntungan yang masih bisa Anda manfaatkan dari keanggotaan di BPJS Ketenagakerjaan sebagai salah satu badan nirlaba yang akan membantu setiap peserta jaminan sosial ini untuk mendapatkan beberapa manfaat seperti mungkin Anda harapkan pada perusahaan asuransi yang ada di Indonesia.

Meskipun BPJS Ketenagakerjaan sendiri adalah salah satu lembaga yang ditunjuk untuk menyelenggarakan jaminan sosial dan kesehatan bagi para pesertanya, Anda juga akan menemukan beberapa fakta lainnya seperti lembaga ini sendiri akan menawarkan beberapa keuntungan lainnya yang mungkin tidak pernah Anda bayangkan akan bisa Anda dapatkan dari lembaga yang sebelumnya hanya diketahui akan fungsinya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik bagi setiap karyawan.

Jenis-Jenis Pinjaman di BPJS Ketenagakerjaan dan Cara Mendapatkan Pinjaman
Jenis-Jenis Pinjaman di BPJS Ketenagakerjaan dan Cara Mendapatkan Pinjaman

Pinjaman BPJS Ketenagakerjaan

Salah satu keuntungan lainnya yang juga oleh lembaga yang biasanya menawarkan fitur-fitur asuransi kesehatan sendiri adalah dengan adanya fitur atau pelayanan untuk mendapatkan pinjaman uang dari BPJS Ketenagakerjaan. Meskipun tidak melulu mengenai asuransi, Anda masih bisa mendapatkan keuntungan terbaik yang ditawarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Sebelum Anda mencari tahu lebih banyak mengenai beberapa hal tersebut, Anda juga harus mengetahui beberapa informasi yang akan disajikan di bawah ini mengenai beberapa jenis pinjaman yang juga bisa Anda dapatkan melalui lembaga nirlaba BPJS ini yang khususnya menangani untuk BPJS Ketenagakerjaan.

Beberapa informasi berikut ini akan sangat berguna bagi Anda terutama jika Anda ingin mendapatkan pinjaman yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda dan untuk keperluan yang benar-benar sangat mendesak karena pinjaman yang ditawarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan sendiri bukanlah pinjaman yang bisa kita pergunakan untuk berbagai macam keperluan.

Jenis-Jenis Pinjaman di BPJS Ketenagakerjaan

Adanya pinjaman yang bisa Anda dapatkan dari BPJS Ketenagakerjaan yang biasanya lebih banyak mengurus asuransi tentunya menjadi salah satu hal kabar gembira bagi Anda terutama bagi para karyawan atau tenaga kerja yang terkadang terkendala dengan pemasukan yang konstan namun tidak disertai dengan pengeluaran yang juga sama stabilnya dengan pemasukan. Terkadang Anda mungkin mengalami di mana Anda akan menemukan pengeluaran mendadak yang hanya harus Anda keluarkan di luar biaya rutin yang Anda keluarkan setiap bulannya.

Dengan adanya pinjaman dari BPJS Ketenagakerjaan (dan bukan saja fasilitas asuransi), Anda pun akan sedikit tertolong jika sewaktu-waktu Anda berada pada situasi yang serupa. Namun, ada satu hal yang juga harus Anda ketahui di mana pinjaman yang akan diberikan oleh BPJS kesehatan sendiri adalah pinjaman yang sifatnya tidak untuk semua keperluan atau hanya akan diberikan untuk beberapa jenis kebutuhan tertentu. Berikut ini adalah beberapa jenis pinjaman yang akan diberikan oleh BPJS yang biasanya Anda kenal sebagai lembaga asuransi kesehatan.

  • Pinjaman BPJS Untuk KPR

Untuk jenis pinjaman pertama yang akan Anda dapatkan dari BPJS dikenal dengan pinjaman untuk keperluan KPR bahkan meskipun Anda mengenal BPJS dengan produk asuransi kesehatan mereka. Jika Anda saat ini sedang ingin mendapatkan pinjaman untuk membeli rumah Anda sendiri namun masih terkendala dengan budget yang masih kurang, maka BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan bantuan untuk keperluan KPR.

Untuk jenis pinjaman untuk keperluan KPR sendiri Anda juga harus mengetahui ketentuan yang akan diberikan bagi peminjam atau debitur di mana untuk jenis KPR sendiri saat ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu KPR subsidi dan juga KPR non subsidi. Untuk masing-masing jenis KPR tersebut juga memiliki ketentuan yang berbeda-beda sesuai dengan ketetapan oleh lembaga asuransi nirlaba ini.

Pinjaman Untuk KPR
Pinjaman Untuk KPR

Sebagai contoh, untuk KPR bersubsidi, Anda akan mendapatkan rumah seperti yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Untuk jenis pembiayaan yang bisa Anda dapatkan untuk jenis pinjaman untuk KPR bersubsidi dari lembaga asuransi nirlaba atau BPJS sendiri dapat diberikan sampai dengan 99% dari harga yang ditetapkan untuk rumah tersebut. Dalam hal ini debitur atau Anda hanya perlu membayar DP sebesar 1% dari harga rumah.

Untuk ketentuan pinjaman ini memiliki jumlah suku bunga yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Untuk itu Anda juga harus mencari tahu mengenai suku bunga yang ditawarkan oleh pemerintah. Di sisi lain, jenis KPR non subsidi juga memiliki ketentuan yang berbeda di mana untuk maksimal dana pembiayaan ditetapkan sebesar 95% dan untuk uang muka rumah KPR non subsidi ini, debitur akan diharuskan membayar uang muka sebesar 5%. Itulah sedikit mengenai pinjaman untuk KPR dapat diberikan oleh lembaga asuransi ini.

  • Pinjaman BPJS Untuk Uang Muka Perumahan

Jenis pinjaman lainnya yang dapat diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan atau lembaga nirlaba asuransi kesehatan ini adalah pinjaman yang diperuntukkan sebagai uang muka perumahan. Anda bisa menggunakan pinjaman ini terutama jika Anda mengalami kesulitan untuk membeli rumah dengan menggunakan program KPR. Selain itu, program ini akan sangat tepat bagi siapa saja yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan yang bisa menikmati layanan asuransi kesehatan dan tidak memiliki uang muka yang cukup untuk bisa membeli rumah Anda sendiri karena besarnya biaya uang muka yang harus Anda bayarkan.

Kamu harus baca juga : Syarat dan Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online dan Offline 2018

Dengan adanya beberapa permasalahan mengenai pinjaman bagi para peserta BPJS Ketenagakerjaan yang tidak mampu untuk membeli rumah melalui program KPR atau melalui program yang mengharuskan uang muka yang cukup tinggi, maka muncullah program pinjaman yang diberikan untuk membantu pembayaran uang muka untuk KPR. Tentu saja hal ini cukup menarik mengingat BPJS Ketenagakerjaan identik dengan asuransi kesehatan.

Pinjaman Uang Muka Perumahan
Pinjaman Uang Muka Perumahan

Namun yang harus menjadi catatan bagi Anda yang ingin mendapatkan pinjaman dari lembaga asuransi nirlaba ini adalah agar Anda memastikan bahwa Anda masuk dalam golongan MBR atau masyarakat berpenghasilan rendah.

Untuk itu muncullah program ini di mana siapa saja yang tergolong dalam kategori MBR. Untuk jenis pinjaman ini sendiri sebenarnya memiliki ketentuan tersendiri di mana Anda akan menemukan bahwa suku bunga untuk jenis pinjaman seperti ini sesuai dengan ketetapan BI sendiri adalah BI Reverse Repo Rat yang ditambah dengan 3%. Untuk pinjaman uang muka ini sendiri diberikan jangka waktu sampai dengan maksimal 15 tahun. Inilah yang mampu dilakukan oleh lembaga asuransi nirlaba ini.

  • Pinjaman BPJS Ketenagakerjaaan Untuk Konstruksi

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya mengenai jenis pinjaman yang ditawarkan oleh lembaga asuransi nirlaba seperti BPJS ini. Untuk jenis pinjaman ini sendiri Anda akan menemukan bahwa pinjaman ini sendiri akan dimanfaatkan sebagai salah satu jenis pinjaman yang diberikan bagi setiap peserta yang tidak mampu untuk membangun rumah tapak ataupun rumah susun.

Untuk jenis pinjaman ini sendiri akan diberikan sebesar 80% dari rencana anggaran bangunan yang sudah Anda persiapkan untuk melakukan konstruksi pada rumah Anda. Selain itu, satu hal penting mengenai pinjaman jenis in adalah bahwa Anda akan mendapatkan salah satu jenis pinjaman yang memiliki maksimal jangka waktu peminjaman sampai dengan 5 tahun. Anda bahkan mungkin tidak mengira akan ada jenis pinjaman semacam ini dari lembaga asuransi nirlaba ini bukan?

  • Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP)

Pinjaman PRP
Pinjaman PRP

Jika Anda sedang merencanakan renovasi untuk rumah Anda, maka pinjaman yang ditawarkan oleh lembaga asuransi nirlaba seperti BPJS ini adalah pinjaman terbaik yang bisa Anda dapatkan di antara beberapa jenis pinjaman yang ditawarkan oleh BPJS. Untuk jenis pinjaman ini sendiri memang secara khusus diberikan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk melakukan renovasi terutama jika terjadi beberapa permasalahan khusus yang mendadak sehingga Anda harus melakukan renovasi secepatnya.

Untuk jenis pinjaman dari lembaga asuransi nirlaba ini sendiri juga akan diberikan dengan suku bunga sebesar BI reverse repo rate yang juga ditambahkan dengan persentase sampai sebesar 3%. Selain itu jangka waktu yang diberikan untuk pinjaman jenis ini sendiri adalah sampai maksimal 10 tahun. Tentu saja untuk jenis pinjaman ini adalah salah satu pinjaman tidak mendesak jika memang tempat tinggal yang terkadang memiliki kebutuhan mendadak yang harus dilakukan seperti melakukan renovasi. Tentu saja dengan pinjaman dari lembaga asuransi nirlaba.

Syarat Untuk Mendapatkan Pinjaman BPJS Ketenagakerjaaan

Syarat Umum Pinjaman BPJS Ketenagakerjaan:

  • Peserta Aktif Minimal 1 Tahun
  • Usia Minimal 21 Tahun
  • Sudah Menikah
  • Fotocopy KTP
  • Memiliki Kartu BPJS Ketenagakerjaan
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Menandatangani Surat Pernyataan
  • Pekerja Berstatus Sebagai Karyawan
  • Tidak Ada Tunggakan Pembayaran Iuran Bulanan

Syarat Khusus PUMP Pinjaman BPJS Ketenagakerjaan:

  • Lulus dari verifikasi kredit yang dilakukan oleh bank pemberi Kredit Pemilikan Rumah.
  • Menunjukkan Surat Pemberitahuan Persetujuan Pemberian Kredit atau SP3K.
  • Menunjukkan surat pernyataan dari perusahaan yang menyatakan bahwa perusahaan yang bersangkutan menjadi penanggung jawab dari Pinjaman Uang Muka Perumahan atau PUMP.

Cara Untuk Mendapatkan Pinjaman BPJS Ketenagakerjaan

Beberapa hal yang harus Anda lakukan dapatkan jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga asuransi nirlaba atau BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan menyerahkan beberapa dokumen dan juga memastikan bahwa Anda sudah memenuhi ketentuan yang sudah ditetapkan oleh lembaga asuransi nirlaba ini dan juga pemerintah. Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari lembaga asuransi nirlaba untuk beberapa kebutuhan pinjaman yang sudah dijelaskan sebelumnya.

  • Peserta Aktif Minimal 1 Tahun

Untuk persyaratan ini sendiri sebenarnya tidaklah sulit namun juga mengharuskan Anda untuk sudah terdaftar sebagai lembaga asuransi nirlaba peserta setidaknya selama satu 1 tahun. Meskipun tampaknya cukup sederhana, beberapa orang mungkin belum terdaftar sebagai peserta aktif selama kurang lebih 1 tahun.

  • Menyiapkan Dokumen Persyaratan

Beberapa dokumen yang juga harus Anda penuhi untuk bisa mendapatkan pinjaman ini sendiri meliputi dokumen Kartu BPJS Ketenagakerjaan ataupun KPJ yang menunjukkan bahwa Anda sudah terdaftar sebagai peserta lembaga asuransi nirlaba ini, photo copy Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk atau KTP. Beberapa dokumen tersebut adalah beberapa dokumen penting yang harus Anda sertakan jika Anda ingin mendapatkan pinjaman yang Anda inginkan.

  • Menandatangani Surat Pernyataan

Untuk bisa mendapatkan pinjaman seperti yang ditawarkan oleh lembaga asuransi nirlaba seperti BPJS, Anda juga harus melengkapi beberapa hal seperti salah satu di antaranya adalah membuat surat pernyataan yang berisi bahwa Anda adalah seorang pekerja yang sebelumnya belum pernah memiliki rumah. Untuk persyaratan ini sendiri sebenarnya diperuntukkan bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman untuk KPR bersubsidi.

  • Masih Berstatus Sebagai Karyawan

Hal penting selanjutnya yang juga menentukan apakah Anda akan lolos sebagai salah satu penerima pinjaman dari lembaga asuransi nirlaba ini adalah dengan terbukti sebagai karyawan aktif pada sebuah perusahaan. Surat keterangan masih aktif sebagai karyawan pada perusahaan tersebut adalah salah satu hal penting yang harus Anda ketahui mengenai hal ini di mana Anda harus memiliki surat keterangan ini untuk bisa membuktikannya bahwa kepesertaan Anda pada lembaga asuransi nirlaba ini adalah valid.

  • Berusia 21 Tahun/ Sudah Menikah

Untuk bisa mendapatkan pinjaman dari BPJS sendiri juga diperlukan persyaratan batasan minimal umur dari pemohon yang suda terdaftar di lembaga asuransi nirlaba ini. Tentu saja ada pertimbangan tersendiri dari BPJS Ketenagakerjaan mengapa mengharuskan Anda untuk berumur minimal 21 tahun ataupun sudah menikah.

Salah satunya mungkin untuk menentukan tingkat kematangan dan tanggung jawab Anda di mana seseorang yang berusia 21 tahun biasanya akan lebih matang dalam mempertimbangkan pinjaman yang mereka ajukan ataupun seseorang yang sudah berkeluarga biasanya sudah mulai terdidik untuk lebih bertanggung jawab dan juga lebih matang dalam menentukan setiap keputusan jadi keputusan untuk mengajukan pinjaman dari BPJS Ketenagakerjaan/ lembaga asuransi nirlaba ini juga sudah didasarkan pada pertimbangan yang sangat matang.

Kamu harus baca : 7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mendaftar Asuransi Jiwasraya

  • Besaran Gaji

Hal lain yang juga cukup penting adalah bahwa untuk besaran pinjaman yang akan dapatkan tergantung dari jumlah gaji yang Anda dapatkan. Untuk pembagian kategori gaji sendiri dibagi menjadi gaji sampai dengan 5 juta, di atas 5 juta dan juga di atas 10 juta.

  • Menyetujui Ketentuan Yang Ditetapkan Oleh Developer

Hal penting selanjutnya adalah untuk menentukan bahwa Ana sudah setuju dengan segala ketentuan yang ditetapkan oleh developer termasuk ketentuan DP, jangka waktu pinjaman, dan juga suku bunga.

Syarat dan Cara Mudah Mengajukan Pinjaman BPJS Ketenagakerjaan
5 (100%) 1 vote
Gambar Gravatar
Ulasanbisnis.com merupakan website yang membahas seputar dunia usaha, trend bisnis, solusi keuangan, perbankan, kartu kredit, asuransi dan lainnya.