Syarat dan Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online/Offline 2018

Diposting pada

Syarat dan Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online dan Offline 2018 – BPJS adalah salah satu asuransi yang dikelola oleh pemerintah di mana saat ini terdapat dua jenis BPJS yaitu BPJS Kesehatan dan juga BPJS Ketenagakerjaan. Masing-masing BPJS sendiri memiliki beberapa hal yang harus Anda ketahui perbedaannya di mana secara umum BPJS Kesehatan sendiri dikenal dengan Askes dan untuk BPJS Ketenagakerjaan sendiri dikenal dengan Jamsostek.

Untuk masing-masing BPJS sendiri memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dan persyaratan khusus. Salah satunya adalah bahwa BPJS Ketenagakerjaan biasanya salah satu asuransi yang diberikan untuk karyawan sedangkan untuk BPJS Kesehatan sendiri biasanya bisa didapatkan oleh masyarakat Indonesia non tenaga kerja atau yang mendaftar secara mandiri ke BPJS Kesehatan.

Syarat dan Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online dan Offline

Berikut ini adalah beberapa cara mendaftar BPJS Kesehatan yang akan membantu Anda untuk bisa mendapatkan asuransi yang diselenggarakan oleh pemerintah ini dan memiliki banyak manfaat terutama untuk masyarakat menengah ke bawah karena dengan adanya asuransi kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah ini, maka setiap orang memiliki kesempatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Hal ini adalah salah satu fasilitas yang sebelumnya cukup sulit didapatkan oleh masyarakat Indonesia karena mahalnya biaya kesehatan yang membuatnya tidak terjangkau bagi masyarakat Indonesia khususnya untuk masyarakat Indonesia dengan golongan menengah ke bawah. Untuk selanjutnya, informasi berikut ini adalah informasi mengenai langkah-langkah untuk mendaftar BPJS Kesehatan yang akan membantu Anda yang sampai saat ini masih belum terdaftar di asuransi kesehatan yang dikelola oleh pemerintah ini.

Ketahui Jenis Pendaftaran Yang Bisa Anda Lakukan di BPJS
Ketahui Jenis Pendaftaran Yang Bisa Anda Lakukan di BPJS

 

Hal pertama yang harus Anda ketahui mengenai BPJS Kesehatan adalah mengenai metode pendaftaran yang bisa Anda dapatkan dari BPJS Kesehatan. Untuk jenis pendaftaran BPJS Kesehatan sendiri dibagi menjadi beberapa bagian seperti pendaftaran online dan juga pendaftaran langsung.

Untuk mendaftarkan online sendiri dapat dilakukan dengan mudah semudah mengakses situs di internet untuk melakukan pendaftaran online di mana biasanya Anda akan diharuskan mengisi beberapa informasi mengenai data diri Anda yang selanjutnya harus dilengkapi dengan beberapa berkas yang dibutuhkan.

Namun mungkin juga masih banyak masyarakat yang belum fasih menggunakan internet BPJS mengetahui hal ini di mana mereka akan menyediakan pilihan untuk mendaftar secara langsung melalui beberapa kantor BPJS yang bisa Anda temukan di dekat Anda.

Jenis-jenis Kepesertaan BPJS

Jenis-jenis Kepesertaan BPJS
Jenis-jenis Kepesertaan BPJS

Hal penting lainnya yang juga harus Anda perhatikan mengenai kepesertaan BPJS Kesehatan sendiri adalah bahwa Anda harus mengetahui kategori-kategori yang terdapat dalam kepesertaan BPJS Kesehatan. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai kepesertaan BPJS yang harus Anda ketahui jika Anda ingin mendapatkan keuntungan dari BPJS Kesehatan.

Untuk jenis kepesertaan sendiri terbagi menjadi dua jenis seperti yang sudah disinggung sedikit di atas yaitu PBI atau peserta penerima bantuan iuran dan juga peserta mandiri atau dikenal juga dengan non-PBI. Untuk masing-masing jenis peserta ini sendiri dikategorikan apakah kepesertaan seseorang pada BPJS tersebut didaftarkan secara mandiri atau pun sudah didaftarkan oleh pemerintah sehingga kepesertaan seseorang bisa dikatakan sebagai kepesertaan mandiri.

Anda juga akan menemukan bahwa untuk persyaratan dibutuhkan untuk bisa terdaftar sebagai salah satu peserta BPJS Kesehatan adalah mengetahui kategori dari penerima bantuan iuran atau PBI dan juga kelompok peserta mandiri. Untuk para peserta PBI sendiri, Anda tidak perlu melakukan pendaftaran dan mengurus segala macam persyaratan karena Anda sudah otomatis terdaftar. Yang perlu Anda perhatikan adalah ketika Anda masuk ke dalam golongan perserta mandiri atau yang dikenal juga dengan Non-PBI.

Selain itu hal lainnya yang juga harus Anda ketahui adalah bahwa masing-masing kepesertaan sendiri juga terbagi lagi untuk peserta BPJS Kesehatan dan juga BPJS Ketenagakerjaan. Untuk jenis kepesertaan BPJS Kesehatan mandiri akan diharuskan untuk membayar iuran secara mandiri. Untuk perserta BPJS Ketenagakerjaan sendiri Anda tidak perlu khawatir karena Anda akan dibantu oleh perusahaan untuk mendaftarkan BPJS Ketenagakerjaan Anda secara kolektif.

Hal inilah yang biasanya didapatkan oleh semua tenaga kerja yang bekerja pada perusahaan yang sangat memperhatikan karyawan mereka. Selain itu aturan dari pemerintah untuk mewajibkan setiap tenaga kerja untuk mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan juga menjadi salah satu pertimbangan tersendiri yang harus dipatuhi oleh setiap penyelenggara usaha atau bisnis.

Jika Anda sudah mengetahui cara apa yang mungkin Anda kuasai untuk bisa mendaftarkan diri Anda di BPJS, maka Anda bisa mulai melanjutkannya untuk mengetahui beberapa hal berikut ini. Sebagai informasi, untuk peserta BPJS Kesehatan, beberapa informasi berikut akan lebih berguna karena akan menyertakan beberapa rincian mengenai dokumen yang dibutuhkan untuk bisa mendaftar pada program BPJS Kesehatan.

Untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan sendiri, Anda tidak akan menemukan kendala yang berarti karena Anda akan menemukan bahwa untuk terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, Anda hanya harus terdaftar sebagai tenaga kerja di salah satu perusahaan dan perusahaan Anda mengurus kepesertaan BPJS Anda. Inilah sebabnya mengapa untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan tidaklah terlalu sulit asalkan Anda memiliki beberapa data-data lengkap yang dibutuhkan.

Persyaratan Pendaftaran BPJS Kesehatan Secara Offline

  • Kartu identitas yang masih berlaku seperti KTP SIM Atau Paspor
  • Pas Foto ukuran 3×4 sebanyak 2 Lembar
  • Kartu Keluarga terbaru
  • Fotocopy buku tabungan Sebagai penanggung biaya
  • Buku nikah bagi yang sudah menikah

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Secara Offline

  1. Siapkan persyaratan untuk mendaftar BPJS Kesehatan Secara Offline seperti fotokopi KTP, KK, foto formal 3×4 1 lembar, serta membawa uang iuran bulan pertama disesuaikan dengan kelas yang akan didaftarkan (25.000, 42.000, atau 59.000).
  2. Datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat yang ada di kelurahan anda.
  3. Setelah sampai di kantor BPJS Kesehatan, Kamu akan diberikan form pendaftaran oleh petugas BPJS. Baca dengan teliti kemudian isilah form pendaftaran BPJS kesehatan tersebut dengan benar, perhatikan penulisan jangan sampai ada yang salah dengan dokumen yang Anda miliki.karena kesalahan dalam pengisian form ini dapat menyebabkan masalah kedepannya.
  4. Setelah formulir pendaftaran sudah Kamu lengkapi, Maka kamu akan diberi virtual account yang dapat nantinya kamu gunakan sebagai media pembayaran maupun transfer dana klaim BPJS Kesehatan saat dibutuhkan.
  5. Lakukan pembayaran iuran bulanan pertama di Bank yang telah ditunjuk BPJS Kesehatan.
  6. Setelah membayar iuaran bulanan pertama, datang kembali ke kantor BPJS Kesehatan dengan menyerahkan bukti transfer tersebut, kemudian tunggu hingga kartu BPJS Kesehatan Anda selesai dicetak petugas.

Daftar Asuransi Lainnya : Cara Mudah Mendaftar Asuransi Jiwasraya

Persyaratan Pendaftaran BPJS Kesehatan Secara Online

  • Kartu Identitas (KTP atau SIM)
  • Email Aktif
  • No HP Aktif
  • Kartu Keluarga Terbaru
  • NPWP (Bila ada)

Untuk bisa mendaftar pada salah asuransi BPJS Kesehatan secara umum sebenarnya akan dibutuhkan beberapa dokumen seperti berikut ini: Kartu Keluarga, KTP, NPWP, dan juga alamat email. Selain itu Anda juga akan membutuhkan nomor handphone yang aktif yang akan digunakan untuk memberikan notifikasi bagi Anda ketika Anda harus membayar tagihan BPJS atau informasi lainnya mengenai BPJS yang harus Anda ketahui.

Selain itu, informasi lainnya yang juga harus Anda ketahui adalah bahwa setiap pemilik usaha atau bisnis yang ingin mendaftarkan perusahaannya, Anda juga akan mendapatkan persyaratan tersendiri yang berbeda dari beberapa persyaratan lainnya yang biasanya Anda temukan pada situs dari BPJS dan juga bisa ditanyakan langsung dengan mendatangi kantor BPJS.

Pendaftara Asuransi lainnya : Syarat, Keuntungan dan Cara Mendaftar Asuransi Prudential 2018

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Secara Online

Formulir Pendaftaran BPJS Secara Online
Formulir Pendaftaran BPJS Secara Online

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan untuk mendaftar BPJS Kesehatan adalah untuk melakukan pendaftaran secara online melalui langkah-langkah berikut ini.

  1. Untuk pendaftaran BPJS Kesehatan secara online, Anda bisa melakukannya dengan mudah hanya dengan mengakses situs resmi BPJS di https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-online/ 
  2. Setelah membuka situs BPJS Kesehatan yang bisa diakses secara mudah dan mulai memilih menu pendaftaran, maka Anda harus mengisi informasi mengenai diri Anda. Beberapa informasi tersebut termasuk mengenai kelas, alamat lengkap tempat tinggal Anda, dan dilanjutkan dengan memilih fasilitas kesehatan yang Anda inginkan untuk tingkat I bersama dengan fasilitas kesehatan untuk gigi. Biasanya beberapa faskes akan menyediakan faskes untuk gigi pada satu tempat untuk mempermudah para peserta BPJS untuk mendapatkan satu solusi lengkap jika suatu saat mereka mengalami kendala kesehatan. Meskipun program BPJS Kesehatan sendiri ditujukan untuk masyarakat Indonesia atau WNI di Indonesia, ada juga program BPJS Kesehatan yang ditujukan bagi WNA.
  3. Ketika Anda mengisi data tersebut, Anda mungkin akan bertanya-tanya mengapa hanya diberikan satu pilihan untuk faskes saja. Hal ini tentunya untuk lebih memudahkan proses administrasi pada satu faskes saja selain itu Anda mungkin juga bertanya-tanya jika Anda akan membutuhkan perawatan yang lebih lanjut di rumah sakit, kenapa tidak ada pilihan rumah sakit yang ditunjukkan. Hal ini dikarenakan agar proses administrasi tidak menyulitkan rumah sati sehingga proses pelayanan tidak akan terlalu lama.
  4. Untuk langkah selanjutnya yang juga harus Anda ketahui adalah untuk menyelesaikan proses pendaftaran yang Anda lakukan secara online tersebut dengan menyimpan seluruh data yang sudah Anda unggah di Situs BPJS Kesehatan.
  5. Jika semuanya sudah selesai diunggah, maka Anda juga mendapatkan notifikasi mengenai nomor registrasi yang akan dikirimkan ke alamat email yang sebelumnya sudah Anda isikan. Selain itu Anda juga harus menyimpan virtual account yang sudah diberikan untuk selanjutnya bsia dilakukan pembayaran.
  6. Untuk pembayaran tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa bank seperti bank BRI, Mandiri, dan juga bank BNI masing-masing akan diberikan nomor virtual yang berbeda yang harus Anda gunakan dengan tepat karena pembayaran tidak akan bisa dilakukan jika nomor virtualnya tidak tepat

Ketika memilih salah satu faskes pada program asuransi BPJS Kesehatan, Anda juga harus menentukan kelas yang Anda inginkan nantinya jika Anda diharuskan melakukan rawat inap. Hal inilah yang juga harus Anda ketahui jika Anda ingin mendapatkan keuntungan atau program yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk masing-masing kelas yang bisa Anda temukan pada program ini sendiri berbeda-beda tergantung dari kelas baik itu kelas I, II, dan juga kelas III. Untuk itu Anda harus mengetahui biaya dari masing-masing kelas yang juga berbeda. Untuk kelas I adalah kelas yang paling tinggi dan mempersyaratkan biaya iuran yang lebih tinggi dibandingkan kelas-kelas lainnya.

Kamu harus baca : 7 Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik Di Indonesia 2018

Selain itu beberapa hal penting yang harus Anda ketahui mengenai perbedaan kelas tersebut adalah selain kelas dari ruangan rawat inap, Anda juga akan mendapatkan obat yang juga berbeda untuk masing-masing kelas yang Anda pilih. Untuk beberapa kasus seperti jika Anda memilih layanan kelas II dan juga Anda mendapatkan kelas yang lebih tinggi seperti kelas satu dengan membayarkan biaya tambahan di mana untuk biaya kelas di atas kelas Anda dikurangi dengan tarif dari INA-CBGs. Tentu saja ada perhitungan sendiri yang juga harus Anda ketahui jika Anda ingin mendapatkan kelas yang lebih tinggi tentunya.

Syarat dan Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online/Offline 2018
4.7 (93.33%) 3 votes
Gambar Gravatar
Ulasanbisnis.com merupakan website yang membahas seputar dunia usaha, trend bisnis, solusi keuangan, perbankan, kartu kredit, asuransi dan lainnya.