Ide Bisnis Online - Menjadi Dropshipper Kata Orang Bisnis Tanpa Modal

Dropshipper adalah orang yang menjalankan usaha dengan cara menjual produk tanpa harus punya stok sendiri dirumah atau ditokonya. Banyak orang menyebutkan bisnis dropshipping adalah salah satu bisnis online yang berjalan tanpa modal awal. Memang benar tanpa harus punya modal untuk stok barang, tapi tetap ada modal waktu, tenaga, pikiran serta koneksi internet bukan?

Ide Bisnis Online Menjadi Dropshipper
Ilustrasi Marketplace Online

Bagaimana Dropshipper Bekerja?

Cara kerja dropshipper biasanya akan mencari suplier (produsen / distributor / agen / penjual lain), lalu mereka akan melakukan perjanjian kerjasama dimana bila pihak dropshipper mendapatkan orderan dari konsumen, maka pihak suplier (produsen / distributor / agen / penjual lain) harus mengirimkan barang yang dipesan konsumen dengan atas nama pelaku dropshipper tadi (nama penjual dan nomor kontak yang tercantum adalah nama dropshipper). Jadi seolah-olah produk tersebut adalah produk yang dimiliki atau di stok oleh dropshipper tadi, meskipun demikian harus ada akad atau perjanjian kerjasama baik secara tertulis maupun tidak.

Produk Apa Saja yang Dijual Dropshipper?
Pada dasarnya semua produk bisa dijualkan oleh seorang dropshipper. Yang dibutuhkan seorang dropshipper untuk menjual produk diantaranya adalah gambar produk, informasi detail produk, harga produk, dan jasa pengiriman yang dipakai oleh suplier. Oleh karena itu jika Kita tidak bisa mendapatkan detail informasi produknya, Kita akan kesulitan jika ada pertanyaan dari konsumen tentang produk yang Kita jual. Jika Kita tidak bisa menjawab pertanyaan konsumen yang akan mau membeli produk tersebut, konsumen tersebut akan merasa aneh karena penjual tidak mengerti produk yang dijualnya.

Produk yang Tidak bisa Dijual Dropshipper
Sebelumnya sudah Kita bahas bahwa hampir semua produk bisa di dropshipkan, namun perlu Kita ketahui bersama ada beberapa produk yang tidak bisa dijual seorang dropshiper diantaranya dikarenakan produk tersebut cepat habis karena produk tersebut sedang di iklankan oleh suplier sendiri.

Dimana Dropshipper bisa Menjual Produknya?

1. Marketplace Online
Sekarang sudah banyak sekali marketplace online seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan lainnya. Dropshipper bisa menjual produknya di berbagai platform marketplace online untuk mempercepat penjualan. Selain sebagai tempat berjualan marketplace tersebut juga bisa Kita gunakan sebagai tempat buat mencari suplier (produsen, distributor, agen, penjual lain) karena di marketplace tersebut sudah tersedia apasaja yang Kita butuhkan seperti Foto Produk, Deskripsi Produk, Harga Produk dan Jasa Pengiriman yang dipakai penjual.

Contohnya begini: Kita mencari suplier di Tokopedia, lalu upload dari suplier tersebut ke Shopee, Lazada, Bukalapak dan lain - lain.

2. Berjualan di Platform Facebook
Facebook Marketplace untuk Jualan
Selain berjualan di platform marketplace online seperti yang sudah Kita bahas sebelumnya, Kita juga bisa menjual produk melalui platform Facebook Marketplace yang baru - baru ini semakin banyak diminati para penjual online untuk mempromosikan produknya.

Facebook Pages untuk Promosi
Facebook ini memang tempat favorit untuk para penjual online mempromosikan jualannya karena dari satu profil facebook bisa dipakai untuk berjualan di Marketplace, Facebook Groups maupun di Fan Pages. Kenapa harus menggunakan Facebook Pages untuk promosi produk? Karena dengan menggunakan pages facebook kita bisa mempromosikan melalui Facebook Ads yang sangat terkenal karena bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan dan lebih tertarget.

Facebook Groups untuk Promosi Jualan
Satu lagi fitur dari facebook yang bisa kita pakai untuk promosi jualan adalah Facebook Groups. Caranya cukup mudah, tinggal join di group group yang memang diperbolehkan promosi jualan. Ikuti aturan group dan facebook agar promosi jualannya aman.

3. Berjualan di Tiktok
Tiktok adalah platfrom media sosial yang sekarang lagi ramai sekali digunakan di Indonesia. Mulai dari anak kecil hingga yang tua pasti kenal dengan Tiktok dan pasti pernah buka Tiktok. Platform Tiktok yang dulunya dianggap sepele karena konten joget - jogetnya kini telah berubah menjadi platform media sosial yang semua jenis konten ada disana, termasuk konten jualan atau promosi produk affiliate. Nah karena itu Kami menyarankan Anda juga melakukan promosi di Tiktok untuk meningkatkan penjualan produk dropship Anda.

Keuntungan Menjadi Dropshipper

Inilah beberapa keuntungan yang Anda dapatkan ketika memutuskan untuk menjalankan bisnis online menjadi dropshipper, diantaranya:
- Tidak perlu stok barang
- Tidak membutuhkan modal besar
- Tidak takut produk tidak laku (stok mati)
- Tidak perlu memikirkan proses produksi
- Tidak perlu memikirkan packing produk
- Tidak perlu mengirim paket ke kurir

Kekurangan Menjadi Dropshipper

Meskipun Anda memutuskan untuk menggeluti bisnis online dengan menjadi dropshipper yang memiliki banyak sekali keuntungannya, namun tetap juga memiliki kekurangan atau kelemahan, diantaranya:
- Harus sering cek stok di suplier
- Selalu merasa was-was jika tiba-tiba produk dari suplier habis
- Menyiapkan mental menghadapi konsumen yang komplain karena produk di suplier habis
- Data pelanggan dibajak oleh suplier Kita yang melakukan kecurangan

Nah, itulah penjelasan dari Ulasanbisnis.com bagaimana jika Kita ingin menjalankan bisnis online menjadi dropshipper yang katanya bisnis tanpa modal.

Komentar